Sikap Pantang Menyerah Mendatangkan Keberhasilan


Sikap pantang menyerah akan mendatangkan keberhasilan. Contoh pantang menyerah ketika diperhadapkan dengan kesulitan kita terus maju menghadapinya.
 
Manfaat pantang menyerah akan menjadikan orang tersebut tahan banting dalam menghadapi tantangan apapun. Dan sikap ini dapat kita miliki apabila ada kemauan keras untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Jika tidak ada tujuan dan gool yang ingin dicapai maka sering kali semangat akan hilang dan cenderung kita menyerah saja. Sehingga target untuk bisa dicapai akan memompa semangat untuk terus menjaga semangat yang kita miliki. Sikap pantang menyerah muncul apabila ada motivasi untuk terus berjuang.

Godaan untuk menyerah memang sering menghampiri terutama jika kita sedang menghadapi persoalan yang berat. Orang yang menyerah merasa tidak memiliki kekuatan yang cukup dalam dirinya. Kondisi tawar hati biasanya disertai dengan perkataan yang putus asa, keinginan untuk menyerah, atau niat yang spontan untuk mundur.  

Hidup ini penuh kesulitan, tantangan, dan kesesakan itu seharusnya menjadi cara kita tetap berjuang. Makanya tantangan itu merupakan kondisi yang wajar dialami oleh setiap orang. Status sebagai anak Tuhan bukanlah jaminan untuk terbebas dari kesesakan hidup. Sungguh keliru jika kita menyerah karena kita akan kian tak berdaya menghadapi tantangan itu. Betapa semangat sangat berperan penting dalam keberhasilan kita. 

Seringkali semangat bisa kembali memulihkan stamina dan kekuatan untuk terus berjuang walau tubuh dan pikiran sedang terasa lemah. Sepintar apapun kita, tanpa adanya semangat maka kita tidak akan bisa berbuat banyak untuk mencapai kesuksesan. Sebaliknya saya sudah bertemu dengan begitu banyak orang yang secara intelegensianya terbilang biasa dengan tingkat pendidikan relatif rendah, namun semangat juang mereka membuat mereka akhirnya bisa berhasil dalam perjuangannya. 

Betapa seringnya kita mengira bahwa keberhasilan hanya tergantung dari kepandaian atau tingkat pendidikan saja seperti yang ternyata semakin sering dipandang dunia sebagai sebuah hal mutlak.

Semangat bisa berfungsi bagaikan bahan bakar yang membuat kita bisa terus maju. Tanggung jawab yang besar ataupun kecil apabila dilakukan dengan antusiasme, gairah dan semangat yang tinggi akan mampu kita selesaikan dengan hasil terbaik. Sebaliknya jangan pernah bermimpi untuk menggapai sesuatu yang besar jika kita sudah kehilangan semangat dalam hidup kita. Masalah boleh saja datang, kendala boleh ada, kegagalan boleh saja terus dialami. 

Tapi semangat pantang menyerah dan daya juang yang tinggi apabila kita miliki akan mampu memberi perbedaan yang sangat besar dalam memperoleh hasil akhir yang indah. Kita harus ingat bahwa Tuhan sudah merencanakan segala sesuatu yang indah, dan Dia juga sudah menjanjikan penyertaanNya. Tuhan yang menjanjikan itu adalah Tuhan yang setia. Dia mau agar kita hidup di dalam rencanaNya, dimana Dia akan membimbing dan menyertai kita dalam setiap langkah untuk menuai apa yang telah Dia sediakan bagi kita. Semangat, itulah yang sering menentukan apakah kita gagal atau sukses menggenapi rencana Tuhan. Seringkali rencana Tuhan tidak serta merta hadir. 

Dibutuhkan usaha keras, semangat baja, kegigihan, ketekunan dan mental yang pantang menyerah agar kita bisa menggenapinya dalam hidup kita. Semangat mampu memberi kekuatan untuk menanggung penderitaan dan beban berat. Tetapi apa yang bisa kita perbuat ketika kita tidak memiliki semangat lagi? Orang yang patah semangat cenderung sulit untuk bangkit. Semakin lama dibiarkan, semakin sulit pula untuk pulih. 

Kalau begitu kenapa kita harus mudah patah semangat dalam menghadapi berbagai ujian atau tekanan? Berbagai problema kehidupan datang silih berganti, dan kita harus menghadapinya dengan semangat. Kita harus tetap berjuang dengan semangat pantang menyerah. Itu akan menguatkan kita untuk terus bertahan melewati batu-batu ujian dan mengatasinya dengan baik untuk keluar sebagai pemenang.

Sikap pantang menyerah merupakan sebuah kendaraan yang akan membawa kita kepada perbuatan iman untuk menerima pertolongan dari Tuhan. Iman, membuat kita pantang menyerah, iman memampukan kita berseru tiada henti dalam doa kepada Tuhan. 

  • Orang yang pantang menyerah tetap kuat pada pendiriannya, dan tidak putus-putusnya, akan terus  menerus berseru  untuk mengetuk pintu hati Tuhan. 
  • Orang yang pantang menyerah, tidak kenal putus asa. 
  • Orang yang bersemangat adalah orang yang tidak mau menyerah, dan tidak mau terpengaruh oleh keadaan, sekalipun hal itu kurang baik. 
  • Orang yang bersemangat akan tetap optimis, mereka percaya karena bersama dengan Allah akan mampu untuk menghadapi setiap kesukaran. 
  • Orang yang bersemangat memiliki iman, tetap percaya pada Firman Allah yang berkuasa. Apapun yang anda hadapi hari ini, hadapilah dengan semangat. Jadilah orang yang bersemangat dalam hidup ini, apapun kondisi yang sedang terjadi, tetap miliki semangat.
Semangat sangat diperlukan untuk memperoleh apa yang ingin kita capai. Karena dengan bersemangat kita akan tetap mengarahkan pandangan kita kepada tujuan, dan ada usaha untuk mencapainya. Kita percaya kepada janji-janji Tuhan, rasakan kebaikan dan penyertaanNya dan terus pegang itu dengan iman. Itu seharusnya lebih dari cukup untuk menumbuhkan dan mengobarkan semangat dalam diri kita, dan tentu saja menjaga agar baranya jangan sampai meredup. 

Jangan pernah lupa bahwa Tuhan menjanjikan upah bagi orang-orang yang memiliki semangat tinggi dan tahan uji. Ada banyak orang biasa yang tampil luar biasa dengan bermodalkan semangat juang tinggi yang pantang menyerah. Jadi sahabat wanita, jadilah salah satu dari mereka. Dan sebagai orang tua, jangan pernah kita lupa untuk selalu menumbuhkan semangat-semangat di dalam keluarga kita. 

Kepada anak-anak kita yang mungkin merasa jenuh, lelah dan hampir menyerah dalam menyelesaikan pendidikannya. Kepada pasangan kita yang mungkin merasa jenuh dengan pekerjaannya. Mari kita kobarkan semangat pantang menyerah bagi lingkungan sekitar kita.

0 comments