Setiap Manusia adalah Individu Unik. Apa Artinya


Setiap individu memiliki keunikan tersendiri. Masing-masing insan memiliki kualitas dan karakteristik sendiri. Sehingga kita perlu menghormatinya dengan keberadaannya.

Sebaliknya banyak orang yang merasa tidak berharga, merasa tidak berarti apa-apa, dan orang-orang seperti ini pasti hidupnya selalu ada dalam kecemasan, ketakutan, kekuatiran, serta berbagai perasaan negatif lainnya, sehingga akan merasa bahwa tidak ada seorangpun yang memperdulikannya. Artinya, mereka belum mengerti bahwa sesungguhnya hidup kita sangatlah berharga, kita sangat istimewa, dan setiap kita unik.

Ya manusia itu unik. Unik itu berciri khas atau bersifat tidak sama dengan yang lainnya. Keunikan pada manusia terlihat karena berbedanya manusia satu dengan yang lain. Mulai dari sudut pandang berpikir, cara bersikap dan bertingkah laku bahkan cara berucap pun keunikan itu kerap terdengar. Semua keunikan itu adalah anugerah besar yang Tuhan berikan kepada kita. Keunikan itu ibarat permata, ibarat pedang, ibarat mutiara yang harus senantiasa dipoles, diasah, dibersihkan secara rutin agar keunikan itu tampak bersinar dan menjadi sebuah kepribadian yang memukau dan memikat. 

Orang yang unik atau terlihat spesial mampu dan percaya diri memperlihatkan jati diri mereka yg sesungguhnya, atau dengan kata lain, mereka berusaha menjadi diri sendiri. Manusia yang unik, yang spesial atau yang memiliki ciri khas selalu menghargai dan mensyukuri apa yang ada pada dirinya. Keunikan yang Tuhan anugerahkan kepada kita sepatutnya disyukuri, digali, dikembangkan dan dijadikan ciri khas diri sebagai manusia yang terlahir berbeda-beda.

Sahabat wanita, sebagai orang percaya kita harus menyadari bahwa Allah menciptakan kita, memanggil kita untuk hidup di dalam-Nya bukan tanpa tujuan. Setiap orang yang menerima panggilan Allah pasti ada di dalam rencana Allah. Disinilah kita harus berjuang untuk menemukan apa yang dikehendaki Allah dalam hidup kita. 

Tapi masih banyak orang percaya hidup semborono, memandang rendah pengorbanan Yesus sehingga hidupnya tidak jauh berbeda dari orang-orang dunia sehingga hidupnya tidak menjadi kesaksian, padahal kita telah dipilih Tuhan begitu rupa. Sebagian besar dari kita mungkin tidak memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi, namun di antara kita ada banyak orang-orang istimewa yang bahkan tidak menyadari bahwa mereka adalah unik. 

Alasan mengapa kondisi ini terjadi adalah bahwa kadang-kadang ada orang dalam hidup kita yang meremehkan kita dan membuat kita merasa tidak berharga. Adakalanya kita merasa bahwa hidup kita sudah tidak berharga lagi. Banyak hal yang membuat manusia merasa dirinya tidak berarti, diantaranya saat mengalami kegagalan atau saat tidak diterima oleh orang lain. 

Pada saat mengalami kondisi seperti itu segalanya seperti berakhir, kita menjadi pesimis serta tidak memiliki gairah untuk menjalani hidup ini. Namun pada saat kita mengalami semua hal yang tidak baik, sebaiknya kita tetap ingat bahwa Tuhan begitu sangat mengasihi dan peduli dengan hidup kita. Di dalam Yesaya 43:4 dikatakan bahwa setiap kita sangat berharga dan mulia di mata Tuhan di mana kita adalah biji mata-Nya sendiri serta Tuhan sangat mengasihi kita.

Kita adalah orang yang sangat istimewa bagi Tuhan. Hal ini telah dibuktikan melalui pengorbanan-Nya di kayu salib untuk menebus semua dosa kita. Oleh karena itu jangan pernah kita merasa minder, sekalipun di hadapan manusia kita mungkin tampak sangat rendah. Ingatlah bahwa Tuhan telah menciptakan kita serupa dengan gambaran-Nya. Dan karena hidup kita berharga di mata Tuhan maka diri kita menjadi berarti. 

Menjalani hari-hari hidup kita dengan rasa optimis, dengan memiliki keyakinan bahwa kita memiliki hidup yang sungguh berharga. Bahkan kita harus menjalani hidup ini dengan ucapan syukur, jangan pernah menyia-nyiakan diri kita dengan perkara yang tidak berkenan kepada Tuhan. Isilah hidup kita dengan sesuatu yang berharga, yang menyenangkan hati Tuhan.

Sahabat wanita, di mata Tuhan, manusia punya nilai sangat istimewa. Kita bukan ditebus dengan barang fana, harta kekayaan atau benda-benda yang sifatnya sementara, tapi oleh darah Kristus yang tak bernoda dan bercacat. Bukankah ini sesuatu yang luar biasa, bukti nyata bahwa kita sangat berharga di mata Tuhan? 

Kita semua dilukis pada telapak tanganNya, dan tetap ada dalam ruang mataNya. Tuhan begitu mengasihi kita, maka Dia mengorbankan anak-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan kitA, merancang masa depan penuh harapan dalam damai sejahtera bagi kita semua dan menyediakan kita semua hingga berkelimpahan. Ini semua fakta bahwa kita bernilai sangat tinggi, sangat istimewa, dan sangat berharga di mata Tuhan. 

Sebagai "orang yang berharga dan istimewa" seringkali kita tidak sadar bahwa kesaksian hidup kita bisa berdampak bagi orang-orang. Sebagai "orang yang berharga dan istimewa di mata Tuhan", kita akan menjadi tontonan bagi dunia ini, hidup kita dilihat oleh keluarga, rekan kerja, teman-teman dan orang-orang di sekeliling kita. Jadi biarlah keistimewaan kita ini dapat menjadi contoh dan berkat bagi sekeliling kita. 

Pesan Tuhan bagi hidup kita : Kita adalah istimewa bagiNya. Bahwa kita dapat menggantungkan diri secara penuh kepada-Nya untuk segala sesuatu. Bahwa Dia tidak akan meninggalkan diri kita tanpa menunjukkan jalan untuk bertemu dengan-Nya. Tuhan mengerjakan segala seuatu seturut tujuan kehendak-Nya. Tuhan mengasihi kita masing-masing tanpa pandang bulu, sama-sama istimewa, dan sama-sama uniknya. 

Kita adalah seseorang yang istimewa, namun kita masih tidak menyadarinya. Hanya karena kita bukanlah seorang dokter, tidak memiliki gelar Master, bukan seorang pengusaha yang memiliki banyak materi, bukan berarti bahwa kita tidak istimewa. Menjadi istimewa bisa berarti banyak hal, seperti relawan, membantu teman, mendengarkan seseorang yang merasa sendirian, sebagai ibu rumah tangga, bahkan apapun pekerjaan yang kita lakukan asalkan itu positif dan memuliakan Tuhan maka itu semua istimewa dan berharga di mata Tuhan. 

Rencana Tuhan sangat indah sehingga kita tidak perlu takut akan hari esok. Walaupun kita tidak tahu bagaimana masa depan kita, namun kita harus percaya bahwa Tuhan sudah menyediakan masa depan yang penuh dengan pengharapan. Dia sanggup memulihkan hidup kita. Jadi Sahabat wanita, apapun keadaan kita hari ini, ingatlah selalu bahwa kita ini istimewa dan berharga bagi Tuhan dan Tuhan sangat mengasihi kita 

0 comments