Gali Kata Keluarga


Memahami kata dalam sebuah kalimat yang disampaikan akan memberikan penjelasan yang komplit dan akan melahirkan pengertian serta pemahaman yang jelas. Sehingga ketika sebuah kata kalimat disampaikan dengan susunan kata yang di dalamnya memiliki makna yang dalam, maka kitapun bisa menangkap makna utuh dari kata-kata yang disampaikan. 

Makanya, sebuah kalimat bukan hanya sebuah susunan kata yang enak didengar, tapi juga mengandung makna yang merajut menjadi sebuah kalimat. Mas Hery Setyoadi mungkin sudah lupa apa yang pernah ditulisnya, tapi blog saya ini telah merekam hasil karya dan ulsannya ini.
Silahkan disimak!
Bapak/Bapa
Dalam bahasa Ibrani kata Bapak ditulis dengan 2 huruf yaitu “alef” dan “bet”.

Huruf “alet” adalah gambar kepala sapi jantan yang bagi orang Ibrani kuno melambangkan kekuatan, daya atau tenaga.

Huruf “bet” adalah gambar denah ruang dalam tenda yang melambangkan rumah atau keluarga.

Jadi bapak berarti “kekuatan keluarga”.

Nah, sebagaimana tiang penopang tenda, maka seperti itulah fungsi bapak di tengah-tengah keluarga.

Nah, kalau fungsi bapak jasmani, yaitu bapak kandung kita dalam kenyataannya tidak ideal. Tapi orang yang percaya Yesus memiliki Bapa yang sempurna, yaitu Tuhan sendiri.

Hal ini bisa dibandingkan dengan Roma 8:15
“Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!”

Kemudian Galatia 4:6
“Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"
Tuhan adalah Bapa kita. Keluarga kita akan kokoh dan tidak akan gampang runtuh kalau menempatkan Tuhan sebagai sumber kekuatan keluarga. Hery Setyoadi

0 comments