Mau Menikah Pikirkan Hal-hal Berikut


Banyak pernak-pernik yang harus dipikirkan menjelang pernikahan. Dari soal perencanaan pernikahan, persiapan awal sampai kepada berlangsungnya hingga setelah pesta usai. Semuanya perlu mendapat perhatian.

Memperhatikan semua pernak-pernik pernikahan tentu akan mengurangi stres dan kepanikan ketika menjelang, waktu hari "H" pernikahan itu sendiri. Karena bila ada yang kelewatan ketika menjelang pernikahan atau bahkan saat pernikahan berlangsung akan menambah kepanikan dan bahkan kehilangan kebahagiaan. 

Memang harus diakui dalam banyak pengalaman, merencanakan dan menjelang serta waktu pernikahan merupakan saat-saat yang menguras banyak tenaga, waktu, pikiran dan bahkan emosi. Apalagi bila pernikahan itu direncanakan hanya oleh yang bersangkutan dan didukung oleh kedua keluarga dengan dana minim.

Namun sebuah pernikahan bisa berlangsung dengan baik ketika rencana dan persiapan benar-benar matang. Kematangan dalam perencanaan itu karena sudah diketahui berbagai hal yang dibutuhkan dan apa saja yang harus dipersiapkan. Makanya perlu duduk bersama untuk memikirkan semua hal berhubungan dengan pernikahan.

Berikut ini pernak-pernik pernikahan yang bisa dipersiapkan.

  • Surat-surat nikah. Sebaiknya surat-menyurat nikah ini dilakukan jauh-jauh hari. Persoalannya mengurus surat-surat nikah itu berhubungan dengan banyak pihak, seperti RT, RW maupun kelurahan atau desa dan KUA atau catatan sipil dan bahkan lembaga agama seperti gereja dll.
  • Pertunangan. Dalam keluarga-keluarga tertentu, pertunangan perlu diadakan sebagai bentuk momen menuju keseriusan dalam hubungan.
  • Cincin pernikahan yang bisa saja sudah dipersiapkan ketika sebelum pertunangan dilakukan. Mengurus cincin tunangan dan pernikahan tentu harus mendatangi toko perhiasan
  • Baju pengantin yang cocok bagi kedua mempelai. Baju ini bisa saja dipersiapkan sesuai bentuk acara pernikahan yang akan diadakan
  • Surat undangan dengan desain tertentu sesuai tema yang akan diusung dalam pernikahan. Membutuhkan kejelian untuk membuat template undangan pernikahan serta nama siapa saja yang harus dimasukkan sebagai bentuk perhormatan, serta kata-kata pernikahan maupun ayat-ayat yang ingin dipasang di dalam undangan yang akan disebarkan. 
  • Seserahan pernikahan. Seserahan pernikahan sederhana atau tergantung dari kedua calom mempelai
  • Dokumentasi. Karena pernikahan selalu diimpikan hanya sekali seumur hidup maka dokumentasi harus mendapat perhatian penting, supaya semua momen kebahagiaan itu tidak terlewatkan. Tentukan apakah dokumentasi perlu membayar studio atau menggunakan kenalan yang pandai di bidangnya. Dokumentasi itu itu juga meliputi dokumentasi photo, maupun video.
  • Melibatkan orang-orang tertentu. Melibatkan orang-orang tertentu untuk mengambil peran dalam pertunangan atau pernikahan nantinya juga sangat penting. Sesuaikan dengan berbagai hal yang perlu dilakukan supaya setiap hal bisa ada orang yang bertanggung jawab untuk melakukannya. Mungkin ini masuk ke dalam bagian panitia pernikahan.
  • Sovenir bagi tamu undangan. Sovenir tentu berhubungan dengan kegunaan dan bertujuan juga supaya momen pernikahan bisa diingat orang lain ketika melihat sovenir tyang diberikan.
  • Lokasi berlangsungnya pernikahan. Pernikahan bisa dilakukan di mana saja sesuai dengan banyak hal. Bisa di rumah, bisa gedung, bisa outdoor, dan di manapun sesuai dengan berbagai aspek. Seperti dana dan ketersediaan.
  • Tanggal dan bulan. Tanggal dan bulan bukan hanya berhubungan dengan aspek keyakinan, tapi juga bisa dihubungkan dengan tanggal lahir, maupun momen-momen tertentu.
  • Buku tamu. Buku tamu bukan hanya sekedar mencatat setiap orang yang hadir, tapi ini berhubungan dengan kesesuaian antara kado dan kehadiran. Tapi juga berhubungan dengan ucapan terima kasih apa yang akan diberikan kepada mereka yang hadir bila tamu tersebut dari tempat jauh. Entah itu melalui telpon untuk berterima kasih maupun kita memberikan penghargaan lain.
  • Baju seragam bagi panitia. Bila acara pernikahan memiliki dana besar, perlu juga untuk memberikan penghargaan sekaligus sebagai penampilan yang menambah semarak dengan baju seragam yang diberikan oleh keluarga kepada setiap panitia yang sudah bekerja keras.
  • Soan ke tetangga kanan dan kiri. Bila pernikahan akan dilakukan di rumah maka perlu juga untuk sekedar soan ke tetangga kanan dan kiri, muka dan belakang supaya merekapun juga mendukung pernikahan yang akan dilangsungkan.
  • Berkunjung ke tokoh agama atau tokoh adat setempat bahkan aparat setempat RT/RW untuk meminta restu sekaligus minta ijin. Hal ini penting supaya hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada mereka.
  • Kendaraan pengantin. Bila dari satu tempat ke tempat lain jaraknya jauh, tentu perlu dipikirkan kendaraan khusus yang bisa mengantar dan menjemput.
  • Lagu-lagu Kesukaan. Menyiapkan lagu-lagu kesukaan baik dipersiapkan. Baik itu untuk diperdengarkan kepada tamu undangan, maupun disiapkan untuk dinyanyikan berdua. Tapi juga lagu-lagu tersebut khusus untuk momen-momen yang mungkin menjadi momen yang tidak bisa dilupakan. Dan biasanya lagu bisa menjadi hal penting untuk dipersiapkan
  • Make up Pengantin: Menyiapkan tata rias atau make up pengantin tentu menjadi penting supaya nantinya tampilan di depan umum semakin mempesona. Tapi juga terkadang make up itu bukan hanya untuk pengantin, terkadang juga bagi keluarga yang harus tampil bersama di depan umum.   

0 comments