Merencanakan Pernikahan


Merencanakan pernikahan harus dimulai oleh pasangan yang memang sudah berkomitmen untuk melangsungkan pernikahan. Bicarakan berdua sebelum disampaikan kepada orang tua masing-masing. Hal terpenting untuk merencanakan pernikahan adalah biaya.

Tentu saja berbicara masalah biaya sedikit masuk daerah sensitif, tetapi mau tidak mau harus dibicarakan berdua. Kejujuran dan kesiapan dana yang ada akan menentukan, apakah acara pernikahan nantinya akan menjadi pernikahan sederhana atau pernikahan yang mewah. Artinya kedua calon yang akan melangsungkan pernikahan benar-benar menghitung posisi keuangan. Karena itulah yang akan menentukan sederhana atau meriahnya sebuah pernikahan yang akan diadakan.

Berbagai hal perlu didaftar atau semacam checklist rencana pernikahan itu sendiri karena menyangkut banyak hal yang harus didaftar. Namun bila rencana pernikahan itu sejak awal sudah dipikirkan oleh masing-masing orang tua dan sudah ditentukan oleh pihak orang tua siapa yang akan mengadakan acara tersebut tentunya ini akan lebih mudah. 

Namun demikian bukan berarti semua daftar kerepotan dalam pernikahan itu sendiri akan diserahkan kepada pihak orang tua. Karena bagaimanapun pelaku yaitu calon pengantin benar-benar harus tahu semua prosesi rencana pernikahan itu sendiri.

Bila pencetus rencana pernikahan itu datang dari cewek dan cowok sendiri, maka perlu diatur untuk menyampaikan rencana pernikahan itu sendiri kepada keluarga. Nantinya bagaimana tanggapan masing-masing keluarga untuk pelaksanaan pernikahan itu nantinya.

Tentu banyak faktor untuk menentukan bentuk acara pernikahan itu sendiri setelah disampaikan kepada keluarga. Karena bagaimanapun sekali lagi banyak pertimbangan, apakah sebuah pernikahan itu akan dilaksanakan dengan sederhana atau cukup meriah. Sederhana atau meriah itu juga berhubungan dengan siapa saja yang akan diundang nantinya.

Banyak pihak yang perlu diperhatikan ketika membicarakan masalah siapa saja yang akan diundang. Setidaknya ada berbagai pihak yang memiliki kepentingan. Yaitu dari pihak kolega orang tua cewek dan cowoknya, kemudian teman-teman cewek juga teman-teman cowoknya. Di sinilah pentingnya menghitung jumlah yang akan diundang. Hal ini sekali berhubungan dengan banyak hal yaitu, tempat pernikahan, jumlah konsumsi yang akan disuguhkan.

Prinsipnya semakin banyak melibatkan banyak orang untuk merencanakan pernikahan maka akan semakin matang perencanaan tersebut. Tentu saja semakin banyak orang biaya yang harus dikeluarkan semakin besar, kecuali kita memang benar-benar menggunakan prinsip ketat dalam pembiayaan. Namun terkadang pernikahan itu bukan hanya melibatkan pikiran, perasaan, tapi terkadang juga melibatkan gengsi.

0 comments