List Rencana Pernikahan yang Perlu Diketahui


Mengadakan acara pernikahan perlu direncanakan matang. Tujuannya supaya semuanya berjalan dengan baik. Moment bahagia itu harus berjalan dengan mulus dan mengurangi kesalahan. Makanya sejak awal harus didaftar list rencana pernikahan yang perlu dipikirkan.

Sebenarnya merencanakan acara pernikahan dengan matang untuk menghindari stres dan panik ketika mendekati hari "H" atau di saat acara berlangsung. Karena bila kurang pendataan secara lengkap maka bisa-bisa moment kebahagiaan itu akan menjadi waktu yang sangat melelahkan.  Makanya duduk dengan tenang dan mendaftar semua list rencana pernikahan itu sendiri dengan baik.

Tapi kan sudah ada WO atau Wedding Organizer yang bisa mengatur semuanya. Tentu saja jasa WO bisa digunakan tetapi tentu saja bila acara pernikahan itu sendiri akan berjalan sesuai dengan yang kita idam-idamkan maka WO sifatnya membantu pada acara pernikahan itu berlangsung. Sementara segala sesuatu yang berhubungan dengan pernak-perniknya setidaknya kita juga harus memikirkannya. Mereka mungkin bisa memberikan usulan dan sebagainya.

List rencana pernikahan itu sendiri perlu kita lakukan sedetail mungkin. Kalau bisa jangan sampai ada yang terlewatkan. Apa saja yang perlu menjadi daftar yang perlu dimasukkan dalam acara pernikahan nanti? Berikut ini katagori penting yang masing-masing list memiliki perbincangan khusus tersendiri.

Membentuk Panitia

Membentuk panitia acara pernikahan sangat penting karena hal ini akan memudahkan semua hal yang berhubungan dengan pernikahan itu mendapat dukungan dan sokongan dari anggota panitia tersebut. 

Memilih dan menentukan panitia tentu perlu kecermatan. Pilihlah mereka yang memang sesuai dengan kebiasaan dan talenta yang dimiliki oleh orang yang akan kita tunjuk tersebut. Seperti halnya dengan berbagai acara perhelatan yang memiliki panitia, maka acara pernikahan perlu dibentuk panitia supaya masing-masing pihak khususnya dari keluarga punya tanggung jawab di bidang yang akan diberi tanggung jawab nantinya.  

Menentukan waktu 

Menentukan waktu itu sendiri tentu harus disesuaikan dengan banyak hal. Seperti apakah waktunya akan ditentukan sesuai dengan moment-moment tertentu. Contoh, menyesuaikan dengan hari-hari spesial, seperti Valentine atau semacamnya. 

Tapi lebih dari itu menentukan waktu perlu juga mendiskusikan dengan orang tua keduabelah pihak calon. Bagaimanapun sebagai orang Timur di mana kita patut menghormati dan menghargai mereka. Apalagi kalau biaya pernikahan itu masih bergantung atau ada andil dari orang tua, maka tentu saja orang tua harus dimintai pendapatnya mengenai waktu pelaksanaan. Kalaupun biaya ditentukan oleh kedua calon pengantin tapi sebagai bentuk penghormatan kita patut mendengar masukan dari orang tua.

Masalahnya orang tua sendiri apalagi yang menganut keyakinan adat memiliki hitung-hitungan sendiri yang pasti berbeda dengan cara berpikir calon pengantin yang mungkin sudah terbuka dengan berbagai cara pandang. Supaya acara pernikahan itu bisa mengakomodir semua dari segi waktu, tentu ini menjadi perbincangan tersendiri untuk didiskusikan.

Biaya Pernikahan

Menentukan biaya pernikahan sangat penting, namun hal tersebut berangkat dari kemungkinan-kemungkinan dana yang tersedia terlebih dahulu. 

Berbicara masalah biaya tentu hal ini memasuki masalah yang cukup sensitif bagi sebagian orang. Tapi ingat bahwa tujuan pernikahan adalah sah secara agama dan sah secara adat serta sah secara sosial. Bila ketiganya menjadi tujuan, maka masalah biaya bisa dibicarakan dengan baik. 

Seringkali berbicara masalah biaya untuk mendiskusikannya dalam keadaan yang sangat baik. Pertama, dari mana sumber pembiayaan yang akan dikeluarkan untuk acara yang membahagiakan tersebut? Karena ide pernikahan awal, taruhlah ini datang dari kedua calon mempelai, maka pembicaraan awal datang dari keduanya.

Menentukan biaya ini juga menyangkut semua hal yang berhubungan dengan pelaksanaan pernikahan. Apakah acara akan menjadi besar, atau sederhana semuanya ditentukan oleh seberapa besar biaya yang tersedia. Makanya hal pertama perlu didaftar adalah, apakah sudah ada biaya awal yang tersedia untuk acara pernikahan tersebut?

Bila kedua calon mempelai memiliki keterbatasan biaya, maka sampaikan persoalannya itu kepada masing-masing orang tua. Perlu diusahakan setiap membicarakan masalah yang satu ini untuk selalu hadir berdua di hadapan orang tua. Tujuannya apa? Supaya mengurangi salah sangka dan meminimalisir masalah di kemudian hari. Di samping juga dengan datang menghadap kepada masing-masing orang tua, menunjukkan keseriusan kepada mereka yang sudah membesarkan keduanya itu.

Sampaikan jumlah dana yang dimiliki mereka berdua. Dan nantinya bila orang tua memang memiliki dana untuk dialokasikan untuk acara pernikahan itu nantinya maka dari dana yang tersedia itulah yang akan menjadi tolak ukur semua kebutuhan yang berhubungan dengan acara pernikahan tersebut.

Undangan Pernikahan

Memasukkan undangan pernikahan dalam daftar pernikahan menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Karena berbicara mengenai undangan ini berbicara mengenai jumlah orang, gedung yang akan digunakan, dari jalur siapa yang akan diundang dan seterusnya.

Beberapa orang yang tentu perlu dipikirkan mengenai undangan pernikahan itu sendiri. Pertama, teman, sahabat yang selama ini dekat dengan masing-masing mempelai. Baik dari pihak laki-laki maupun dari pihak perempuan. Teman dan sahabat tersebut bisa saja datang dari teman kantor maupun teman bisnis, kolega dan seterusnya. Sekali lagi inipun ditentukan oleh dana yang disediakan. Bila nantinya dananya memang terbatas, tentu saja undangan perlu diseleksi sedemikian rupa sesuai budget yang tersedia.

Undangan pernikahan juga bisa ditujukan kepada semua teman dan saudara dari masing-masing jalur keluarga laki-laki dan jalur keluarga perempuan. Dalam hal ini mendaftar dengan cermat daftar orang-orang yang perlu diundang menjadi penting. Jangan lupa tetangga kanan kiri dan orang-orang yang memiliki kedekatan secara emosional dengan kita.

Baju Penganten dan Aksesoris

Acara Pernikahan memang menjadi acara spesial dan biasanya setiap keluarga akan menyiapkan yang terbaik. Baju penganten memang sudah menjadi tampilan wajib untuk dipilih. Dan berbicara mengenai baju penganten ini terkadang ada penganten yang berganti baju sampai lebih dari dua kali.

Mengapa sampai beberapa kali untuk mengganti baju? Karena terkadang prosesi pernikahan itu bukan hanya berlangsung di sebuah tempat, umpamanya gedung. Tidak, terkadang ada acara sungkeman, acara di tempat ibadah, acara di gedung. 

Tapi berbicara mengenai baju penganten ini juga perlu dipikirkan untuk aksesoris baju dari dua keluarga besar yang akan bersusah-payah untuk mendukung berlangsungnya acara akbar tersebut. Makanya perlu dipikirkan juga untuk menyediakan baju bagi mereka. 

Memang pengadaan baju-baju tersebut bisa diperoleh dengan cara menyewa di tempat-tempat penyedia baju-baju pengantin dan aksesoris lainnya. Namun terkadang sebagai bentuk penghargaan terhadap jerih lelah mereka yang mendukung mereka dari keluarga besar dan orang-orang terdekat itu disediakan seragam baju tertentu.  

Acara Pernikahan

Kalau kita menggunakan jasa Wedding Organizer WO mungkin kita hanya menerima jadi. Dalam artian, WO yang sudah berpengalaman menggarap banyak acara-acara pernikahan banyak ide-ide segar dari pengalaman yang mereka sudah dapatkan. Namun tentu saja terkadang penganten pria atau wanita punya ide-ide tertentu yang bisa dimasukkan dan diselipkan dalam acara pernikahan tersebut.

Acara itu sendiri seperti menjadi jantung dari perhelatan akbar tersebut. Nah, bagi yang tidak mau menggunakan WO bisa saja acara benar-benar didiskusikan dengan baik dengan panitia yang sudah dibentuk.

0 comments