Potensi Diri dan Cara Mengenal serta Mengembangkannya


 Arti potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan. Potensi diri adalah kemampuan yang terpendam pada diri setiap orang dan setiap orang memilikinya. 

Sebenarnya tidak sedikit mengenali potensi diri sendiri dan hal itu menjadi permasalahan umum bagi banyak orang. Banyak yang merasa kecil dan tidak mampu dalam banyak kategori pula. Banyak yang mengukur dirinya terlalu rendah dibanding potensi mereka yang sesungguhnya.

“Ah saya kan sekolahnya tidak tinggi, jadi mana bisa saya menyelesaikan pekerjaan tersebut, kan saya tidak mengerti” atau “Saya kan cuma ibu rumah tangga” atau “Saya kan tidak mampu”. Atau anak-anak seperti misalnya terkadang jika diminta melakukan sesuatu juga mengatakan “Ya saya pasti tidak bisa lah melakukan seperti itu”. Semua pada intinya sama ya Sahabat wanita, merasa tidak mampu, merasa minder, merasa tidak percaya diri. 

Tidak ada manusia yang lahir ke dunia langsung bisa menjadi ahli di bidang tertentu. Semua pasti butuh proses yang panjang. Pada dasarnya setiap orang memiliki sesuatu yang unik dan menarik serta tidak dimiliki oleh orang lain. Sesuatu tersebut menjadi ciri khas yang dapat ditonjolkan sekaligus dapat menjadi potensi diri yang dapat diandalkan. 

Namun terkadang banyak yang tidak menyadarinya sehingga merasa minder dan tidak percaya diri. Sesungguhnya ya Sahabat wanita, siapapun diri kita, apapun profesi kita, pasti mempunyai potensi diri yang dapat dikembangkan. Walaupun tinggal di tempat yang berbeda atau berada di usia yang berbeda, semua orang bisa mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

Setiap manusia memiliki bermacam-macam potensi diri yang dapat dikembangkan. Tidak sedikit manusia belum sepenuhnya mengembangkan dan menggunakan potensi yang ada pada dirinya. Hal ini terjadi dikarenakan mereka belum atau bahkan tidak mengenal potensi dirinya dan hambatan-hambatan dalam pengembangan potensi diri tersebut. Lalu bagaimana kita mengenali potensi diri kita? 

  1. Mengenali diri sendiri. Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri sehingga dapat menempatkan diri dalam pergaulan dan mengelola potensi atau kelebihan untuk dikembangkan dan meraih keberhasilan
  2. Memiliki motivasi dan tujuan dalam hidup kita 
  3. Menghindari berpikiran negatif 
  4. Pikiran negatif dapat menghambat langkah kita dalam mencapai kemajuan, pesimis 
  5. Belajar dari pengalaman. Pengalaman menghadapi hambatan ataupun kegagalan dapat menjadi pelajaran untuk maju. 
  6. Banyak membaca dan melihat. Banyak tahu mengenai apapun, adalah hal yang baik bagi perkembangan diri kita, terutama mengenai perkembangan jaman saat ini, di bidang pendidikan atau teknologi.

Tuhan menciptakan kita begitu lengkap. Bukan saja organ tubuh, bukan saja nafas kehidupan, tapi Tuhan telah mempersiapkan rancanganNya yang terbaik bagi kita untuk mencapai hari depan gemilang seperti yang telah Tuhan katakan dalam Yeremia 29:11. Tidak hanya menyiapkan rancangan yang terbaik, Tuhan pun telah melengkapi kita dengan talenta-talenta khusus lengkap dengan keunikan dan kemampuan yang berbeda-beda bagi setiap orang. 

Tapi sayangnya yang sering terjadi banyak diantara kita hanya duduk diam lalu mengeluh macam-macam. Mudah merasa iri dengan kemampuan orang lain dan sibuk mengutuki orang lain atau dirinya sendiri. Padahal jika saja mau melihat potensi diri, pasti ada sesuatu yang bisa diolah dan menghasilkan kesuksesan, karena Tuhan telah membekali setiap kita dengan talenta masing-masing. Mungkin tidak pintar berdagang tapi pintar berkreasi, mungkin tidak bisa memasak tapi mengerti banyak urusan komputer, tidak pintar berbicara, tapi hebat menyusun rencana, tidak suka politik tapi cekatan bekerja, dan lain-lain.

Apapun itu sesuatu yang kita miliki bisa sangat bermanfaat jika diolah. Adakah gunanya untuk terus merasa bahwa rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri? Adakah gunanya kita terus mengeluhkan kekurangan tanpa memandang kelebihan diri sendiri? Kita harus ingat bahwa tidak ada orang yang mampu melakukan segala sesuatu atau memiliki segalanya. 

Karena itulah Tuhan memberikan talenta yang berbeda-beda agar kita semua bisa sukses, saling melengkapi satu sama lain dan kemudian memuliakan Tuhan di bidang kita masing-masing. Seharusnya kita bisa mulai berbuat sesuatu dengan kemampuan kita. Seharusnya kita bisa menggenapi rencana Tuhan lewat talenta yang telah Dia anugerahkan kepada kita. 

Seharusnya kita bisa terhubung dengan orang-orang lain, saling melengkapi untuk melakukan terobosan-terobosan besar bersama-sama. Sahabat wanita mari kita mulai berusaha untuk mencari tahu potensi diri kita yang sebenarnya. Mari kita periksa talenta apa yang Tuhan berikan kepada kita, dan mari kita kembangkan, asah dan olah. Saatnya untuk mempergunakan talenta yang kita miliki untuk berkembang dan berhasil, dan memakainya untuk kemuliaan Tuhan. 

Sesungguhnya semua orang dirancang Tuhan untuk berhasil, dan Dia telah menyediakan segala sesuatu yang diperlukan untuk bisa mencapai itu. Jangan biarkan berkat Tuhan berlalu sia-sia, mulailah hari ini untuk menjadi orang cerdik yang penuh hikmat yang mengetahui kemampuan atau potensi diri sendiri. Peluang untuk berhasil? Itu selalu ada biar bagaimanapun. 

Semua orang berpeluang untuk berhasil. Apa yang penting adalah mengetahui kemampuan atau potensi kita sendiri, kemudian mengasahnya agar lebih tajam, dan terus meletakkannya dalam doa agar langkah demi langkah tetap berada dalam rencana Tuhan. Dikuasai ketakutan, kekhawatiran, keraguan dalam mengambil sikap dan sebagainya, termasuk mengukur diri terlalu rendah merupakan hal yang harus kita atasi, agar kita tidak membuang atau menghalangi segala berkat yang akan dicurahkan Tuhan dengan sia-sia.

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments