Begini Cara Memperoleh Pikiran Positif

 

Penting untuk dipercaya bahwa Anda sangat berharga dan memiliki hak untuk menikmati kebahagiaan. Dan salah satu kebahagiaan itu diperoleh dengan memiliki pikiran positif.

Pikiran positif atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan positive thinking sangat diperlukan dalam hidup kita. Walaupun seringkali yang muncul adalah sebaliknya berpikir negatif atau negative thinking. Makanya perlu latihan untuk membentuk pikiran positif supaya hidup kita menjadi bahagia.

Pikiran adalah sumber utama hidup kita. Hidup dikatakan berkualitas apabila kita memiliki pikiran yang berkualitas. Pikiran yang berkualitas adalah saat kita hanya memikirkan tentang hal-hal yang baik saja. Kenapa kita harus memikirkan yang baik-baik saja? Karena sewaktu memikirkan hal yang baik, seluruh anggota tubuh kita juga akan tersugesti untuk melakukan perbuatan yang baik. Pikiran yang berkualitas adalah pikiran yang selalu positif. Pikiran yang memandang segala sesuatu merupakan pemberian yang terbaik dari Tuhan.

Sahabat wanita, pernahkah anda merasa marah pada seseorang sampai timbul rasa dendam? Pernahkah anda selalu takut dan kuatir sehingga sulit untuk bersyukur? Pernahkah anda selalu terbayang-bayang tentang masa lalu yang buruk? Pernahkah anda merasa pesimis tentang sesuatu hal? Atau mungkin anda pernah berpikiran kotor? Wah jangan sampai ya sahabat wanita.

Sebagai manusia memang adakalanya kita memiliki pikiran yang negatif, hal yang sangat manusiawi. Apa itu pikiran negatif? Pikiran yang negatif bukan hanya tentang pikiran yang menyimpang, namun juga mengenai kekuatiran. Semakin kita mendengarkan pikiran-pikiran yang negatif, maka kita akan sangat sulit untuk bisa mengucap syukur. Oleh sebab itu daripada kita setiap hari hanya memikirkn hal-hal negatif yang belum tentu terjadi dalam kehidupan kita, akan jauh lebih baik jika kita menggantinya dengan ucapan syukur.

Hati adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan. Namun disamping itu, pikiran kita pun harus bisa kita kendalikan.  Jangan remehkan apa yang ada dalam pikiran kita. Jika kita terus-menerus mengembangkan pikiran-pikiran negatif, suatu saat pasti akan menuai kegagalan, kesusahan, sakit-penyakit ataupun kekurangan. Mulai sekarang berpikirlah tentang hal-hal positif, hal-hal besar tentang keberhasilan, kesuksesan, kesembuhan dan hidup yang diberkati.

Jika pikiran kita terisi dengan hal-hal yang buruk maka tidak heran jika hidup kita akan hancur. Seseorang yang hidupnya jauh dengan Tuhan, maka Roh Kudus tidak akan berdiam di dalam hatinya. Ketika kehidupan seseorang sudah dikuasai oleh kejahatan, maka yang ada dalam hati dan pikirannya adalah rencana jahat. Pikiran jahat tidak akan pernah mengijinkan kasih itu merusak rencananya dan iblis juga bisa mengubah kasih menjadi dendam dan amarah. 

Salah satu hal yang sangat mungkin kita kendalikan sendiri adalah bagaimana cara berpikir kita. Kalau kita mau berpikir positif, maka kita akan memiliki kesempatan untuk membuang segala hal yang tidak baik, memungkinkan kita untuk menjaga perasaan kita, menjaga langkah perjalanan kita, dan menjaga hubungan kita dengan orang lain.

Jangan biarkan hal itu terjadi kepada anak-anak Tuhan. Hiduplah dekat dengan Tuhan dan biarkan Roh Kudus selalu menjaga hati dan pikiran kita agar senantiasa memiliki pikiran-pikiran yang positif. Ketika kita memiliki kasih, maka kita tidak akan pernah melakukan hal-hal yang merugikan sesama kita akan menjadi berkat bagi sesama kita.

Dengan berpikiran positif maka apapun yang keluar dari diri kita baik perkataan maupun perbuatan akan selalu bersifat positif. Sadarkah anda bahwa keberhasilan kita sangat tergantun dari cara pandang atau pikiran kita? Memandang dari sisi positif, melihat hal-hal yang baik dari hal buruk, mungkin sangatlah sulit. Tetapi itu akan membuat kita leluasa untuk berusaha dengan giat. Pikiran bisa menjadi jendela hidup kita, yang akan sangatbmenentukan seterang apa hidup dalam pandangan kita, apakah cerah atau malah suram.

Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam rangka membangun cara berpikir positif :

·         Bersikap tenang

·         Membuang hal-hal buruk masa lalu yang pernah terpikir dan terjadi

·         Mencari sisi-sisi baik dan memperbaiki sisi-sisi buruk

·         Memandang kesulitan sebagai tantangan dan peluang untuk maju

Marilah kita terus mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang positif dan tidak membiarkan berbagai hal negative datang silih berganti atau malah tinggal diam di dalam pikiran kita. Isilah terus dengan damai sejahtera yang datang dari Allah, karena itulah yang akan mampu memelihara hati dan pikiran kita di dalam Kristus. Segala pikiran negative akan semakin menjauhkan kita dari Allah, menghilangkan damai dan sukacita dalam hidup kita. Hidup kita bukannya maju tetapi malahan mundur.

Bagaimana cara kita memandang hidup ini? Jangan biarkan pesimis, putus asa, kejahatan, pikiran kotor lainnya membelenggu pikiran kita. Tumbuhkan pikiran positif yang di dalamnya penuh dengan optimis dan pengharapan, peganglah jnji-janji Tuhan dan terus taat akan firmanNya. Apa yang kita pikirkan akan sangat menentukan masa depan kita. Berhasil atau tidaknya kita tergantung bagaiman kita menyikapinya.

Bagaimana kita memandang hidup itu tergantung oleh iman. Dan besar kecilnya iman kita akan terlihat dari bagaiman pikiran kita dalam memandang kehidupan yang kita jalani. Positif thinking, tetap berpengharapan, optimis atau negative thinking, ragu-ragu, pesimis, itu semua merupakan pilihan kita yang akan sangat menentukan sejauh mana keberhasilan kita dalam menggenapi rencana indah yang Tuhan sediakan untuk kita.

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments