Perempuan dan Teknologi


Teknologi dan perempuan sejak lama adalah dua hal yang sulit untuk disatukan, seperti dua sisi yang tak pernah akur. Teknologi seakan dijauhkan dari perempuan dan sebaliknya, perempuan dijauhkan dari teknologi. Tetapi hal itu terjadi sekitar dua atu tiga dasawarsa yang lalu, sangat jarang ada perempuan yang bersentuhan dengan teknologi. 

Tetapi kemudian sejarah tumbuh dengan cara yang lain. Keterbatasan penguasaan teknologi yang dahulu hanya di dominasi oleh kaum adam kini justru menjadi keharusan bagi perempuan untuk tahu dan mengikutinya semaksimal mungkin. Wanita justru menjadi target paling jitu bagi para produsen tekno dalam memproduksi barang-barang canggih. Bahkan saat ini banyak perempuan yang memiliki kedudukan tinggi di beberapa perusahaan teknologi dunia.

Pengertian teknologi sendiri adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal atau alat sehingga akan memperkuat anggota tubuh, panca indera dan otak manusia. Perkembangan dunia iptek telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia.

BACA JUGA:

Bagaimana Menentukan Hari Baik

Perempuan dan Teknologi

Mengapa Anda Butuh Vitamin?

Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta berbagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi, masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi yang telah dihasilkan beberapa tahun terakhir ini. Namun pada kenyataannya tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi juga membawa dampak negative bagi kehidupan manusia.

Selama ini ada anggapan bahwa pola interaksi wanita terutama yang berstatus sebagai ibu rumah tangga adalah terbatas. Terbatas hanya pada lingkungan rumah tangga dan tetangga saja. Padahal dengan adanya fasilitas digital, wanita juga dituntut untuk mampu menggunakannya. 

Persoalan wanita memang kerap menjadi agenda penting untuk diperbincangkan. Terlebih lagi ketika berkembangnya opini bahwa wanita harus “melek” teknologi dan informasi di era digital saat ini. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai teknologi yang memudahkan manusia terutama yang berhubungan dengan dengan system informasi yaitu komputer, komunikasi dan multimedia.

Tidak bisa dipungkiri jika keseharian kita saat ini tidak bisa lepas dari teknologi khususnya teknologi informasi. Teknologi saat ini memang begitu dekat dengan kita, tidak hanya bagi laki-laki tetapi juga bagi kaum wanita. Apalagi dengan adanya internet, terbuka peluang besar bagi wanita untuk mempelajari teknologi. Teknologi memang terus berkembang setiap harinya. Setidaknya kita mengetahui perubahannya walaupun tidak mendalaminya.

Sahabat wanita, sebagai wanita dan ibu rumah tangga kita harus bisa menciptakan keseimbangan antara bekerja, merawat keluarga dan mengembangkan diri melalui teknologi. Jadi jangan sampai kita menjadi gaptek sehingga kecolongan” dalam mendampingi sang buah hati bermain di dunia maya baik lewat computer, handphone, laptop, tablet dan lain-lain. Tak kalah pentingnya lagi dalam mengatur waktu penggunaannya karena bagi anak-anak hal ini dapat meruakan candu mengingat mereka haus akan informasi dan hiburan.

BACA JUGA:

Baiknya Wanita Jadi Pemain atau Penonton?

Berbedaan Menyerah dan Berserah

Jangan Buru-buru Termasuk untuk Soal Ini

Masa anak-anak dan remaja adalah masa pertumbuhan baik fisik dan psikis yang rawan. Pengaruh dari luar sangat berdampak terutama dalam perkembangan kehidupan rohani mereka. Teknologi dapat berdampak negatif bagi mereka kalau tidak dikendalikan dengan baik. Membuat karakter remaja berkembang menjadi negatif.

Dampak positif teknologi antara lain:

  • Mempermudah komunikasi
  • Mempermudah akses informasi
  • Meningkatkan kemajuan di bidang ekonomi industry dan sosial budaya
  • Adanya metode pembelajaran baru dalam bidang pendidikan

Salah satu dampak positifnya adalah wanita menjadi lebih berpengetahuan dan dapat membagikan ilmu yang dimiliki. Jadi kita bisa saling berbagi mengenai info seputar kesehatan, keluarga, pola pengasuhan anak, pendidikan, bahkan ekonomi, bisnis maupun pemerintahan. Walaupun kita tidak tinggal di kota besar, kita tetap bisa memperoleh pengetahuan dan tidak ketinggalan mengenai informasi terbaru. Selain itu kita harus bisa menyaring informasi apa saja yang pantas bagi kita.

Amsal 1:5 mengatakan “Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan. Ini berarti bahwa Allah sebenarnya menghendaki manusia termasuk kita kaum wanita terus mengembangkan diri, menambah ilmu dan pengetahuan termasuk juga teknologi. 

Ilmu pengetahuan dan teknologi pada dasarnya memiliki dua sisi yaitu sisi positif dan negatif. Keberadaan kita di tengah-tengah masyarakat saat ini sama halnya seperti kaum pria, tidak dapat dipisahkan satu sama lain tetapi merupakan satu kesatuan yang utuh. Sama-sama bertanggung jawab untuk membawa keluarga dan bangsa kita kearah yang lebih baik. 

Dan tentu saja sebagai wanita pilihan Tuhan, kita harus bisa dan memang seharusnya menggunakan dan mengembangkan teknologi untuk hal-hal yang positif dan yang pasti tujuan utamanya adalah untuk memuji dan memuliakan Tuhan Yesus. Ayo sahabat wanita, mari kita memperluas wawasan melalui membaca dan berbagi tulisan dengan teknologi.

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments