Semangat Lebih Menentukan Ketimbang Keadaan

 


Orang yang memiliki semangat walau keadaannya terbatas, ia akan terus berusaha. Orang yang kehilangan semangat seperti mengunci niatnya untuk berhenti. Seperti mobil yang kehabisan bahan bakar, tidak mungkin bisa berjalan.

Semangat diibaratkan sebagai bahan bakar yang dapat memampukan kita untuk meraih keinginan kita yaitu keberhasilan. Semangat merupakan jalan untuk memperoleh apa yang kita inginkan. 

Terkadang kita begitu bersemangat untuk merencanakan sesuatu. Baik itu  soal pekerjaan, karir, belajar/ menuntut ilmu, menjalin hubungan asmara, usaha, berkarya maupun dalam mengejar target. 

Kita tahu bahwa semangat itu ada pada keyakinan dalam diri kita. Kita juga tahu bahwa semangat itu ada pada minat kita terhadap apa yang akan dan kita lakukan. Tapi terkadang itu barulah sebuah rencana dan bukan berarti semangat yang sesungguhnya. 

Karena sejatinya sebuah semangat itu bukan hanya mesti ada diawal kita melakukan sesuatu. Tapi ia perlu dipertahankan dan dimunculkan terus menerus dalam menyelesaikan apa yang kita lakukan. Sehingga rasa semangat itu benar-benar menjadi energi kita dalam berproses. Arti semangat adalah bagaimana kita bisa membuktikan dan mempertahankan semangat itu sendiri.

Mengapa sih kita harus bersemangat? Ternyata orang yang bersemangat akan menjadi lebih sehat, segala yang dikerjakannya akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal dibandingkan dengan orang yang tidak bersemangat atau yang malas. Orang yang bersemangat adalah orang yang tidak mau menyerah, dan tidak mau terpengaruh oleh keadaan, sekalipun hal itu kurang baik.

Mana yang lebih anda suka, bertemu dengan orang yang antusias terhadap sesuatu atau yang hidup tanpa semangat? Saya lebih suka bertemu dengan orang-orang yang antusias. Dari sinar matanya saja biasanya saya sudah bisa menangkap sesuatu yang positif. Bahasa tubuhnya, cara berbicara dan lain-lain akan sangat terlihat dari pola pikir mereka. Hidup tanpa semangat akan membuat orang terlihat "layu" tanpa gairah. Sebaliknya orang-orang yang antusias dan bersemangat akan terlihat berseri-seri dan ceria.

Tindakan/perbuatannya tidak ditentukan atau dipengaruhi oleh keadaan.  Mengapa demikian? Karena, ia memiliki target dan tujuan yang ingin dicapainya. Orang yang bersemangat akan tetap optimis, mereka percaya karena bersama dengan Allah akan mampu untuk menghadapi setiap kesukaran. Orang yang bersemangat  memiliki iman, tetap percaya pada firman Allah yang berkuasa.

Beragam persoalan bisa menimpa siapa saja, entah orang kaya atau miskin, tua atau muda. Setiap orang selama hidup di dunia ini selalu berhadapan dengan berbagai persoalan. Setiap orang, terlepas dari status sosial, pendidikan, profesinya, dan bahkan sebagai hamba Tuhan pun, tidak luput dari yang namanya pergumulan atau persoalan. 

Manusia harus berhadapan dengan masalah selama hidup di dunia ini. Setiap orang tentunya memiliki persoalan yang berbeda-beda. Tapi sahabat wanita, kita tahu bahwa Allah itu baik. Dia sahabat kita, dalam segala susah Dia selalu datang menghibur. Biasanya ada beberapa hambatan-hambatan dalam meraih sebuah keberhasilan adalah antara lain, sikap yang putus asa, patah semangat, menyerah, keinginan untuk mundur, dan lain sebagainya.  Kalau sikap seperti ini dibiarkan akan membuat seseorang itu  menjadi frustrasi, dan tetap tinggal dalam masalahnya. Dalam  menghadapi setiap masalah, kita membutuhkan sebuah semangat untuk berjuang dan bangkit, dengan pertolongan Tuhan agar kita sampai pada tujuan yang diinginkan.

Semangat sangat diperlukan untuk memperoleh apa yang ingin kita capai. Karena dengan bersemangat kita akan tetap mengarahkan pandangan kita kepada tujuan, dan ada usaha untuk mencapainya. Untuk menjadi orang yang selalu bersemangat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu :

1. Keberanian bertindak untuk mengambil resiko

2.  Sikap tidak mau menyerah

3.  Iman yang teguh

Seperti halnya waktu , bukan berarti semangat itu hanya ada pada pagi hari yang cerah, segar dan begitu  riang gembira. Namun semangat itu juga harus tetap ada di saat siang yang begitu panas, gerah dan penuh beban dalam pikiran kita. Hingga sore pun tiba menjemput malam, kita juga harus mempertahankan semangat tersebut sampai hari berakhir dengan malam yang menutup hati dengan ketenangan. 

Tapi sebagai manusia, tentu saja adakalanya semangat kita melemah, patah semangat. Nah bila semangay kita melemah  bisa kita tingkatkan dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah

  • Merasa harus bertindak
  • Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak dan terutama untuk Tuhan
  • Perasaan bertanggung jawab
  • Merasa peduli terhadap sesama

Semangat akan membuat raut muka dan gerak tubuh kita berbeda. Orang yang bersemangat akan terlihat sangat kontras dengan yang tidak. Orang patah semangat biasanya terlihat lesu dan murung. Sebaliknya orang yang bersemangat akan terlihat antusias dengan wajah berseri dan ceria. Senyum pun akan mengembang di wajah mereka. 

Apakah orang-orang yang bersemangat ini hidup tanpa masalah? Tentu tidak. Semua manusia sama-sama berhadapan dengan masa-masa sulit sekali waktu. Tetapi reaksi dalam menanggapinya akan berbeda jika disertai semangat atau tidak. Penampilan dan performa orang bersemangat akan jauh di atas orang yang hidupnya layu tanpa semangat.

Tips Mempertahankan Semangat

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments