Mengapa Anda Butuh Vitamin?

 


Berbagai macam vitamin kini tersedia. Vitamin agar anak makan lahap, vitamin supaya bisa cepat hamil dan vitamin-vitamin untuk vitalitas dan seterusnya.

Memang ragam vitamin itu bisa dijumpai di toko makanan dan obat, tapi vitamin juga bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti buah dan sayuran. Tujuannya adalah sebagai cara untuk menolong tubuh supaya memperoleh apa yang dibutuhkan. Termasuk juga vitamin yang berhubungan dengan menjaga kesehatan keseharian.

Mengapa kita harus minum vitamin? Kita meminumnya untuk mendapatkan manfaat jangka panjang bagi tubuh kita. Minum vitamin tidak akan langsung menghasilkan energi yang meluap-luap, tetapi seiring berjalannya waktu, dengan meminumnya secara teratur, vitamin akan menguatkan sistem daya tahan tubuh kita dan meningkatkan kesehatan kita secara umum. Kita pun dapat menjadi sehat.

BACA JUGA

Gosip Hari Ini Apa Ya?

Bukan Kasih Tiruan

Baiknya Wanita Jadi Pemain atau Penonton?

Terkadang adanya kesibukan yang meningkat bisa membuat stamina kita terkuras. Bukan hanya merasa lelah, tapi tubuh pun mulai terasa kurang enak. Banyak yang menyarankan agar rutin mengkonsumsi vitamin C supaya tidak sampai jatuh sakit. Vitamin C memang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh maupun stamina. Dari mana kita mendapatkan vitamin C?

Pikiran saya langsung menuju kepada buah-buahan, terutama jeruk yang kaya akan vitamin ini. Yang bikin asyik, bukan saja jeruk punya manfaat yang sangat baik buat kesehatan, tapi jeruk pun enak rasanya. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin sebenarnya tidaklah sulit, bahkan menyenangkan.

Ayo minum vitamin biar tidak gampang sakit. Kita pasti sering mendengar perkataan tersebut ya, khususnya kaum ibu. Mungkin sering juga kita yang mengatakannya kepada keluarga kita, anak-anak kita. Banyak orang mengonsumsi vitamin supaya daya tahan tubuhnya kuat dan tidak mudah sakit. Ya, dengan padatnya kegiatan, vitamin dianggap dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak gampang lelah. Sebaliknya, kalau lelah maka kita tidak dapat mengerjakan pekerjaan dan tugas-tugas dengan baik.

Kalau tubuh jasmani kita memerlukan makanan yang bernutrisi dan mengandung vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh kita, maka kita juga harus mulai memikirkan, apakah tubuh rohani kita, atau manusia batiniah kita, sudah mendapatkan santapan rohani yang cukup untuk kesehatan rohani kita atau belum. Apakah tubuh rohani kita sudah mendapatkan vitamin seperti halnya jasmani kita? Vitamin untuk kesehatan rohani kita? Tentu saja firman Tuhan. Ketika kita mengonsumsi atau merenungkannya setiap hari, maka jiwa dan roh kita akan makin kuat, tidak mudah kalah dengan masalah, bahkan akan selalu dipenuhi sukacita.

Kita tahu bahwa kita bisa mendapatkan vitamin C lewat buah jeruk bukan? Kita tentu tidak usah pusing untuk memilah mana yang air, daging dan sebagainya dari buah jeruk. Kita cukup tahu di dalam jeruk ada kandungan vitamin C yang besar, dan itu bisa kita peroleh cukup dengan mengkonsumsinya saja. Mau dimakan langsung, mau diperas, di jus, silahkan saja. Iman pun seperti itu. Iman akan timbul dari pendengaran, dan pendengaran akan firman Tuhan. Semakin banyak kita dengar, maka iman kita akan semakin bertumbuh.

BACA JUGA

Hukum Wanita Bekerja atau Menjadi Ibu Rumah Tangga?

Siapa Wanita Tercantik di Dunia?

Bagaimana Penampilanku Saat Ini?

Firman Tuhan itu manis bagi jiwa kita, karena sejak semula Tuhan sudah merancang bahwa makanan utama bagi jiwa manusia adalah rangkaian menu yang ada di dalam Firman-Nya. “Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan Manna, yang tidak kau kenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia bukan hidup dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN (Ul 8 : 3). Ketika manusia tidak menikmati menu yang ada difirmanNya, sangat mungkin mempengaruhi kesehatan jiwa dan tubuhnya.

Ibarat makanan, maka dalam menjalani hidup ini ada santapan makanan yang perlu kita makan dan itu berguna untuk menyehatkan tubuh kita. Kita harus berjuang supaya setiap hari, kita memberi santapan rohani yang berguna untuk manusia batiniah kita, yaitu mengisinya dengan kebenaran firman Tuhan yang murni, supaya kita semakin mengerti, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah, dan yang sempurna. 

Dengan mengerti akan hal ini, maka kita akan hidup melakukan kehendak-Nya. Terus baca, dengar, kemudian percaya, perkatakan dan terapkan dalam hidup sehari-hari. Keinginan Roh akan membawa kita menghasilkan buah Roh, yaitu: kasih, sukacita, damai sejahtera,  kesabaran,  kemurahan,  kebaikan,  kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Keinginan Roh akan menyegarkan jiwa serta tubuh kita. Dan orang yang menghidupi buah Roh tentu akan hidup dalam kesehatan yang prima karena jiwa yang kuat menghasilkan tubuh yang sehat.

Jadi kita konsumsi firman Tuhan setiap hari dan kita akan tahu bahwa efek jangka panjang dari membaca Alkitab secara rutin akan meningkatkan kesehatan rohani kita dan membuat kita menjadi sehat. Meskipun kita mungkin tidak mendapatkan pencerahan setiap kali kita membaca firman Tuhan, yakinlah bahwa hal itu akan meningkatkan daya tahan kita terhadap serangan keraguan, ketidakpercayaan, dan tipu muslihat! Seperti yang Alkitab katakan, "Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." Karena itu, jangan sampai lupa minum "vitamin" kita hari ini.

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita


0 comments