Kunce Sukses

Pengusaha sukses di Indonesia banyak. Wajar juga bila setiap orang menginginkan kehidupan yang sukses seperti mereka. Kunci sukses ada pada kita, karena tidak seorangpun yang ingin gagal dalam  hidup. Semua sisi kehidupan berjalan lancar, bahkan jauh dari bencana.

Kita semua ingin sukses dalam segala hal kehidupan. Baik itu sekolah untuk pelajar, pekerjaan dengan gaji besar, jabatan tinggi, bisnis lancar dan berkembang, keluarga harmonis, terlibat dalam pelayanan, melakukan kehendak Tuhan, anak-anak berhasil dalam pendidikan dan dalam mencapai masa depan mereka, memiliki rumah yang bagus, memiliki mobil yang bagus, baju bagus, terlihat pintar, tidak sakit-sakitan, dan masih banyak lagi. Pastinya saya dan adik saya, semua berlomba-lomba menjawab saya ingin sukses.

Pengertian sukses itu sangat relatif, yang tergantung dari falsafah hidup. Orang yang memandang hal-hal materi sebagai nilai hidup tertinggi, menjadi kaya berarti sukses. Orang yang memandang kehormatan sebagai nilai hidup yang paling tinggi, jika menjadi orang yang terhormat dalam kancah politik, pemerintahan dan berbagai bidang kehidupan akan merasa dirinya sukses dan sebagainya.

Dalam beberapa kali menghadiri acara perpisahan atau wisuda anak sekolah, ada tema yang sering digunakan. Tema yang juga akan kita bahas pada pertemuan ini adalah mencapai kesuksesan. Memang tema tersebut cocok untuk anak-anak yang lulus dari suatu jenjang pendidikan dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dorong mereka untuk selalu mengandalkan Yesus dalam hidup dan masa depan mereka. Tapi apakah itu hanya untuk anak-anak? Atau yang masih sekolah? Apakah meraih kesuksesan hanya untuk mereka yang sedang menuntut ilmu? Saya rasa tidak, teman-teman wanita, karena mencapai kesuksesan adalah hak setiap orang. Anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan orang tua. Hanya saja pandangan tentang kesuksesan dan tujuan yang dicapai berbeda.

 Semua orang ingin menjadi orang sukses atau sukses dalam hidup. Dan ini wajar, termasuk bagi orang yang beriman. Sukses bukanlah hal yang buruk. Tuhan tidak pernah melarang kita untuk sukses. Tuhan bahkan ingin kita menjadi orang yang sukses dan sukses dalam hidup ini, tetapi kita harus ingat tidak hanya dalam hal materi tetapi terutama kesuksesan dalam kehidupan spiritual kita, dalam hubungan kita dengan Tuhan.

Tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan, Dia akan bekerja dalam hidup kita, sehingga kita bisa melakukan pekerjaan besar. Jangan takut dengan apa yang kita hadapi. Carilah wajah Tuhan, maka Dia akan memberikan kesuksesan dalam setiap langkah hidup kita.

Bagaimana cara terbaik untuk mencapai kesuksesan bersama Kristus dalam hidup kita? Percaya bahwa berkat datang dari Tuhan, menyadari bahwa kita hanyalah manusia terbatas. Selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan kita, maka kita akan dapat mencapai kesuksesan dalam hidup.

 Takut dan setia kepada Tuhan

 Punya rencana

 Rajin, rajin dan pekerja keras

 Hidup benar di hadapan Tuhan

 Jujur dan mau membantu orang lain yang membutuhkan

 Percaya diri dan memiliki motivasi positif

 Jadi sebenarnya sejauh mana kita dikatakan mencapai kesuksesan? Jika kita menempatkan kehendak Tuhan dalam belajar kita, ketika kita bekerja, ketika kita mengelola materi yang kita miliki. Jika kita berhasil memberi makna pada setiap kerja keras kita dalam kehendak-Nya. Untuk itu diperlukan kemauan bagi kita untuk berdialog dan membawa semua harapan dan keinginan kita ke dalam kehendak Tuhan. Kesuksesan ditandai dengan kesediaan kita untuk merendahkan diri, memberikan diri kita sendiri untuk menjadi berkat bagi orang lain.

 Kesuksesan bagi dunia terkadang menjadi alat untuk menindas orang-orang yang lemah dan tak berdaya selama mereka semakin mampu menikmati kekuasaan dan kenyamanan. Tetapi di dalam Kristus sebaliknya, sukses adalah kesediaan kita untuk mendahulukan orang lain, peduli terhadap pergumulan dan pergumulan orang lain. Kesediaan untuk menempatkan orang lain di samping kita dalam perjuangan hidup kita. Keberhasilan kita bertahan dalam proses.

Orang yang sukses adalah orang yang terus bertahan, berjuang sampai garis finis. Itu tidak akan berhenti di tengah jalan. Ketika kesulitan muncul, dia tidak akan menghentikan langkahnya tetapi dia akan melompati, melewati kesulitan dan terus berjuang. Sukses di dalam Kristus mendidik kita menjadi anak yang kuat, anak yang kuat dalam proses dan bukan anak yang instan, yang mudah tertimpa kesulitan. Merekalah yang kemudian memberi nilai dalam hidup ini.

Lalu, apakah kita ingin sukses? Ya, tentu saja. Kita bukanlah sekelompok orang yang hanya bisa menikmati hidup dengan santai. Kami juga bukan sekumpulan orang yang menjadi parasit kehidupan, menghisap tanpa pernah menghasilkan. Kita diajarkan untuk mencapai kesuksesan di jalan Kristus, karena dengan begitu kita dapat mengarahkan hidup kita menjadi bermakna tidak hanya bagi diri kita sendiri tetapi juga bagi orang lain dan kehidupan ini. Itulah ukuran keberhasilan kita, orang-orang yang beriman.

Apa yang tampaknya mustahil bagi manusia, Tuhan akan memungkinkan dalam hidup kita. Raih kesuksesan bersama Tuhan. Sukses adalah sesuatu yang sangat diinginkan oleh semua orang. Tidak ada yang ingin gagal, semua orang ingin sukses dalam hidup. Tuhan ingin kita sukses dalam perjalanan hidup kita (Mazmur 1:3). Dia tidak pernah merencanakan kegagalan bagi siapa pun yang percaya kepada-Nya. Rencana Allah bagi umat-Nya adalah masa depan yang penuh harapan.

0 comments