Berbedaan Menyerah dan Berserah


Berserah atau menyerah terkadang sulit membedakan. Menjadi lengkap ketika kita ingin menyatakan berserah diri kepada Tuhan secara total seperti apa bentuknya?


Berserah bukan menyerah, tetapi dalam berserah ada kepasrahan diri kepada Tuhan. Hal ini penting diketahui supaya kita bisa mengambil posisi yang jelas dalam berserah diri kepada Tuhan.


Dalam kehidupan ini sangat sulit sekali kita membedakan antara menyerah dengan berserah kepada Tuhan. Menyerah dengan berserah seolah-olah mempunyai arti yang sama, namun jika kita telusuri lebih dalam menyerah memiliki arti berbeda dengan berserah kepada Tuhan.

 

Menyerah artinya tidak berbuat apa-apa, berpikiran negatif atau pesimis, kehilangan pengharapan. Sedangkan berserah kepada Tuhan artinya turut dan mengikuti kehendak Tuhan dalam hidupnya, percaya dan menyandarkan hidup pada rencana dan pimpinan Tuhan, berpikiran positif, mempunyai semangat hidup yang tinggi, dan yakin akan pemeliharaan Tuhan dalam hidupnya.


Dalam kehidupan mengikuti Tuhan ada dua pilihan yang harus kita lakukan yaitu apakah kita akan pasrah atau berserah kepada Tuhan? Kira-kira mana yang akan lebih dominan kita pilih? Sebagai orang percaya, tentunya kita diharapkan untuk berserah kepada Tuhan dan tidak menjadi orang yang pasrah. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan supaya kita menjadi orang yang berserah kepada Tuhan disaat mengalami situasi yang sulit atau buruk yaitu: 

  1. Berdoa
  2. Percaya bahwa Dia akan memberikan kelegaan kepada kita; dan 
  3. Belajar pada Yesus (mencari kehendak Tuhan atas masalah yang kita alami dengan mengamati firman Tuhan).

Selama kita hidup, pasti ada masalah. Tetapi, jangan jadikan diri kita sebagai orang yang pasrah dan jangan pernah menyerah kepada masalah yang kita hadapi melainkan hendaklah kita serahkan pergumulan kita kepada Tuhan. Ingat bahwa Tuhan tidak suka dengan orang yang pasrah. Tuhan senang dengan orang yang berserah kepada-Nya. Jadi, belajarlah untuk berserah kepada Tuhan dalam segala hal mulai saat ini.

 

Dalam kehidupan ini kita seringkali jatuh dalam berbagai persoalan. Kita mungkin memiliki beberapa kemunduran bahkan kegagalan. Ingat, seorang atlet dalam pelatihan untuk menjadi lebih kuat melalui sebuah perjuangan. Hal yang sama berlaku dalam perjalanan kehidupan kita, dengan perjuangan melawan setiap cobaan yang membuat kita lebih kuat. 


Setiap kali kita bangkit kembali, kita akan lebih baik. Kita lebih bijaksana. kita lebih kuat. Jika kita tetap berusaha dan berjuang maka kita akan terus mendapatkan kembali, suatu hari mungkin juga pada saat ini, kita akan memiliki kekuatan dari Tuhan untuk berdiri dalam kemenangan total


Segala sesuatu Tuhan yang punya dan segala sesuatu terjadi hanya dengan seijinNya. Percayakah kita  akan hal ini? Banyak orang percaya tetapi mereka tidak atau belum bisa berserserah kepada Tuhan. Berserah bukanlah Menyerah. Yang Tuhan kehendaki adalah Berserah, bukan Menyerah. 


Kalau kita berserah Tuhan berkarya dan kita akan lihat sesuatu yang besar sedang terjadi karena Turut Campur Tangan Tuhan. Ada kebebasan ketika kita menyerahkannya. Ketika kita melepaskan, hal itu memungkinkan Tuhan untuk bekerja dengan cara yang ajaib dan menakjubkan. Ini memberitahu bahwa kita tidak harus frustasi untuk membuat sesuatu terjadi. Kita tidak perlu khawatir bahwa mimpi yang Tuhan berikan tidak akan bisa terjadi. Kita dapat tinggal dalam damai mengetahui bahwa masa depan kita berada di dalam genggaman tangan kasihNya.


Sahabat wanita, dalam kehidupan ini kita seringkali jatuh dalam berbagai persoalan. Kita mungkin memiliki beberapa kemunduran bahkan kegagalan. Ingat, seorang atlet dalam pelatihan untuk menjadi lebih kuat melalui sebuah perjuangan. Hal yang sama berlaku dalam perjalanan kehidupan kita, dengan perjuangan melawan setiap cobaan yang membuat kita lebih kuat. Setiap kali kita bangkit kembali, kita akan lebih baik. Kita lebih bijaksana. kita lebih kuat. 


Jika kita tetap berusaha dan berjuang maka kita akan terus mendapatkan kembali, suatu hari mungkin juga pada saat ini, kita akan memiliki kekuatan dari Tuhan untuk berdiri dalam kemenangan total. Kita tahu bahwa yang lebih besar adalah DIA yang ada padamu dari pada roh yang ada di dalam dunia. Seperti cuplikan lagu “Jika Allah di pihak kita siapa dapat melawan, kita lebih dari pemenang”. 


Wah luar biasa ya sahabat wanita, kita patut bersyukur karena memiliki Tuhan Yesus yang kuasaNya tak terbatas melebihi apapun. Segala kesempatan dan jalan kita gunakan sebaik-baiknya dengan seluruh kemampuan kita namun kita tidak terlalu fokus pada hasil akhir, yang penting adalah proses dimana kita melakukan dan mengeluarkan seluruh kemampuan yang ada. 


Sisanya biarkan TUHAN yang bertindak dimana ada jalan yang dibukakan itulah jalan yang TUHAN tunjuk pada kita, walaupun kadang tidak kita duga. Kita hanya perlu terus berusaha di dalam Tuhan, tetap memuji Dia dan bersyukur kepada Allah karena kemenangan itu. Terus belajar dan menaati FirmanNYA.

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments