Tips Menggunakan Waktu Secara Efektif


Apakah artinya waktu? Dalam kamus bahasa Indonesia, waktu adalah seluruh rangkaian proses, perbuatan atau keadaan yang sedang berlangsung. Waktu berarti juga kesempatan, sehingga jika tidak kita gunakan, kita akan kehilangannya.

Setiap orang memiliki waktu yang sama. Tidak kurang tidak lebih. Tapi masing-masing orang berbeda dalam menyikapi waktu. Ada yang merasa kekurangan waktu, tapi juga ada yang membuang-buang waktu. Beragam orang memang berbeda-beda menggunakan waktu. 

Waktu adalah sahabat terbaik manusia. Tak satupun manusia yang tidak diberikan waktu. Semua orang dari berbagai kalangan memiliki waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam. Namun kadangkala karena ketidakmengertian kita akan pentingnya waktu, kita sering mempergunakan waktu kita dengan sia-sia.

Seberapa berhargakah waktu bagi kita? Ada yang berkata waktu adalah uang, karena itu gunakan dengan sebaik mungkin. Di sisi lain ada orang yang menganggap sepele waktu sehingga suka menunda apa yang harus dikerjakan sekarang. Kita harus ingat waktu akan terus melaju dan siap menggilas orang-orang yang menyia-nyiakannya. 

Sebagai orang percaya, sudahkah kita menghargai, menggunakan, dan memaksimalkan waktu yang Tuhan percayakan dengan cara yang bijak? Atau sebaliknya kita menggunakan waktu kita secara sembarangan? Jangan berpikir bahwa masih ada hari esok. Justru kita harus berpikir sebaliknya, kita tidak tahu apa yang terjadi dalam hidup kita esok hari, maka hari ini kita harus bertindak bijak.

Kita harus memahami bahwa setiap kesempatan atau hari baru adalah anugerah dari Tuhan untuk kita pergunakan sebaik mungkin. Semua hari adalah sama, yang membedakan adalah sikap hati dan pikiran kita. Apa yang sedang berkecamuk di dalam hati dan pikiran kita akan menciptakan hari-hari yang akan kita lalui. 

Bila kita memulai hari dengan perasaan senang, hari yang kita jalani akan berdampak positif. Hampir semua wanita atau ibu pada umumnya pagi hari memulai aktivitas terlebih dahulu dibandingkan anggota keluarga yang lain. Ini adalah salah satu kesempatan kita untuk mengawali hari dengan hal-hal yang positif seperti doa dan renungan pagi. Hal ini dapat menumbuhkan ketenangan dan sukacita dalam hati kita, sehingga kita bisa membawa keluarga kita untuk mengawali hari dengan sukacita.

Kunci untuk menikmati hari baik adalah mengandalkan Tuhan setiap hari. Dekat dengan Tuhan akan menjaga hati dan pikiran kita sehingga mampu melihat dan menyikapi segala sesuatu secara positif. Sikap inilah yang akan membuat hari-hari kita menjadi baik sehingga hati kita pun akan melimpah dengan ucapan syukur. 

Di dunia ini tidak ada yang kekal. Seluruh kehidupan mahkluk di alam semesta ini tidak akan berlangsung selamanya, melainkan dibatasi waktu. Maka hati-hatilah, akan terjebak tipuan iblis yang selalu menggoda kita untuk membuang-buang waktu, sehingga kita kehilangan waktu yang begitu berharga. Setiap detik yang lewat tidak akan terulang kembali. 

Pergunakan waktu dengan baik sebab orang yang sukses adalah orang yang menghargai waktu dan menggunakan waktu yang ada untuk melakukan hal-hal yang positif. Seringkali jika kita gagal barulah kita akan tersadar betapa kita perlu untuk menghargai waktu.

Dalam Alkitab kita juga bisa menemukan beberapa hal tentang waktu antara lain: 

  1. Tuhan bekerja sesuai dengan waktu Tuhan dan manusia tidak mengetahui waktunya
  2. Hidup sebagai orang arif/bijak, bukan sebagai orang bebal
  3. Menggunakan waktu yang ada sekarang ini secara bijak
  4. Berusaha/berjuang senantiasa untuk mengerti kehendak Tuhan
  5. Selalu siap sedia dan berjaga-jaga, serta mempertanggungjawabkan waktu yang sudah Tuhan berikan kepada kita

Waktu adalah salah satu karunia Tuhan yang perlu kita pertanggungjawabkan pemakaiannya. Secara garis besar paling tidak ada tiga macam penggunaan waktu yang sesuai dengan firman Tuhan yaitu: 

  • Pertama, waktu untuk bekerja 
  • Kedua, waktu untuk beristirahat
  • Ketiga, waktu untuk melayani

Efesus 5:16 mengatakan “Pergunakanlah waktu yang ada karena hari-hari ini adalah jahat”. Bila kita menyadari hidup kita dibatasi oleh waktu, kita akan menghargai dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah tips sederhana untuk menggunakan waktu: 

  1. Rencanakan waktu kita dan kerjakan sesuai waktunya
  2. Kerjakan satu kali setiap saat, jangan menunda
  3. Ambil waktu setiap saat untuk mengucap syukur kepada Tuhan

Bila kita sudah bisa menggunakan waktu kita dengan baik dan bijak, maka kita bisa memberikan contoh dan dorongan kepada anggota keluarga kita untuk melakukan hal yang sama, yaitu lebih menghargai waktu dan bertindak lebih bijak. 

Hidup ini begitu singkat dan kesempatan tidak selalu ada. Maka manfaatkanlah waktu yang diberikan Tuhan dengan bijak sebagai suatu kesempatan emas untuk bersekutu, melayani, dan memberitakan injil serta menyatakan kepedulian dan kasih terhadap mereka yang membutuhkan. Menggunakan waktu dengan baik adalah wujud tanggung jawab kita kepada Tuhan.

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments