Siapa Wanita Tercantik di Dunia?


Sebuah platform bernama TC Candler secara rutin merilis daftar wanita tercantik di dunia dari berbagai negara. Setiap tahunnya mereka menentukan dan diumumkan di publik. Lyodra Ginting, Maudy Ayunda, adalah di antaranya yang pernah masuk daftar wanita tercantik dari Indonesia.

Katagori kecantikan yang disematkan kepada para wanita tersebut biasanya berdasarkan tingkat popularitas kandidat yang masuk nominasi.

Hem, “cantik”, siapa sih wanita yang tidak ingin cantik? Setiap wanita pasti ingin memiliki kecantikan, kecantikan yang sempurna. Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, kata cantik selalu identik dengan hal-hal yang bersifat lahiriah. Wajah, bentuk fisik, dandanan dan merujuk kepada TC Candler tadi adalah popularitas menjadi ukuran awal penilaian orang terhadap wanita cantik. 

Biasanya wanita hanya memperhatikan kecantikan fisik luar seperti bagian tubuh dan wajah saja. Itu sebabnya saat-saat ini begitu banyak berdiri klinik kecantikan, terutama di kota-kota besar. Banyak sekali perawatan-perawatan yang ditawarkan untuk menyempurnakan penampilan fisik dari ujung rambut sampai ujung kaki. Biaya yang ditawarkan pun beragam mulai puluhan ribu sampai jutaan rupiah untuk sekali perawatan. 

Sudah tidak dipungkiri lagi kalau wanita di seluruh dunia ini memiliki rahasia kecantikan yang merupakan kunci rahasia untuk mendapatkan kecantikan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Biasanya resep kecantikan tersebut didapatkan secara turun temurun dan sudah diwariskan dari nenek moyang kepada generasi di bawahnya. Misalnya di Yunani, kecantikan wanita identik dengan warna kulit yang eksotis, atau di Jepang kecantikan wanita identik dengan kulit tubuh yang putih dan halus. Untuk mendapatkan semuanya itu, tidak sedikit para wanita yang rela untuk menahan sakit dan mengeluarkan biaya yang begitu besar, hanya untuk terlihat cantik. 

Kecantikan kadang kala juga menimbulkan rasa iri hati. Kita pasti sering mendengar para wanita atau bahkan diri kita sendiri bila melihat seorang wanita berparas cantik  mengatakan “ Ah….seandainya saja aku secantik dia” atau “Mengapa kok saya tidak secantik dia ya?”. Semuanya itu adalah realita yang terjadi dalam kehidupan kita. 

Tetapi sebagai seorang wanita terutama wanita Kristen, kita harus ingat akan satu hal bahwa kecantikan tidak dinilai dari segi fisik saja. Kecantikan juga meliputi kemampuan dan wawasan ilmu pengetahuan. Kecantikan juga dinilai dari tutur kata dan tingkah laku.

Setiap wanita itu cantik, dan masing-masing wanita memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh wanita lain. Setiap wanita memiliki kecantikan yang berasal dari hati dan jiwa. Kecantikan seperti itu sering disebut dengan inner beauty atau keluhuran budi pekerti. 


Kecantikan seseorang wanita berasal dari paduan dari banyak sekali karakteristik yang indah, misalnya sikap, etika, sopan santun, kemandirian, kecerdasan, ketangkasan, humor, kemampuan bersosialisasi, kepekaan dan kasih sayang, kekudusan, kemurahan hati dan lain sebagainya. Anda, seorang wanita tentunya, adalah cantik. Ya, anda adalah ciptaan yang diciptakan cantik sesuai dengan gambar dan rupa Allah. Karunia Tuhan sungguh beraneka ragam pada setiap ciptaaNya. Namun jangan lupa bahwa seluruh ciptaaNya tersebut diciptakan segambar dan serupa Allah (Kej.1:27). 


Seluruh ciptaan Tuhan berada dalam kondisi terbaik yang menurut Tuhan dilahirkan ke dunia. Wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang indah. Dibalik keindahan dan kelembutannya,wanita memiliki kekuatan yang dahsyat. Seorang wanita yang hidup dalam hadirat Tuhan dan yang dipenuhi dengan urapan Roh Kudus akan menjadi alat yang ampuh dalam kerajaan Allah dan bisa menjadi tiang penopang bagi perkembangan gereja Tuhan. 


Pada dasarnya penampilan memang penting. Kita khususnya wanita memang harus menjaga penampilan kita agar tetap terlihat cantik, rapi dan menarik. Berdandan memang baik apabila dilakukan dengan sewajarnya dan proporsional serta tidak berlebihan. Selain kecantikan lahiriah, kecantikan batiniah yaitu karakteristik ternyata jauh lebih penting, karena kecantikan yang berasal dari kemurnian hati dan jiwa lebih mudah menjadi pusat kekaguman banyak orang.

Dari beberapa artikel yang saya baca, ada beberapa hal  atau sifat dari seorang wanita yang memiliki kecantikan yang sejati menurut iman Kristen yaitu: 

  1. Kasih (Wanita yang penuh dengan kasih) Mengasihi Tuhan Yesus, mengasihi keluarga dan setiap orang 
  2. Rajin (Wanita yang rajin) Rajin berdoa, merenungkan firman Tuhan, beribadah, melayani Tuhan dan mengurus keluarga serta pekerjaan yang dipercayakan Tuhan kepadanya 
  3. Tulus (Wanita yang tulus) Tulus dalam melakukan perintah sesuai firman Tuhan dan tulus dalam melayani keluarga 
  4. Indah (Wanita yang indah) Indah = cantik; baik dalam hal kecantikan batiniah dan lahiriah. Kecantikan batiniah adalah kecantikan rohani kita ( menjaga hubungan dengan Kristus ) kecantikan lahiriah adalah kecantikan jasmani kita ( menjaga kesehatan dan penampilan yang pantas untuk kita ) 
  5. Setia (Wanita yang setia) Setia kepada Tuhan, kepada suami, pelayanan dan setiap hal yang Tuhan percayakan kepada kita.

Kecantikan lahiriah itu bukanlah merupakan yang utama, tetapi ketika seorang wanita diberi anugerah ini seharusnya dapat dijaga dengan baik. Yang harus kita utamakan sebagai umat Kristus adalah menjaga kecantikan batiniah kita agar menghasilkan buah roh dalam setiap nafas kehidupan kita sebagai murid Kristus. Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikaan, kesetiaan kelemahlembutan dan penguasaan diri. (Gal 5:22-23).

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments