Cara-Cara Menjaga Keseimbangan untuk Kesuksesan

 


Keseimbangan hidup dalam banyak hal sangat menentukan keberhasilan dan mendatangkan kebahagiaan. Termasuk keseimbangan antara bekerja dan berdoa.

 

Pasti kita pernah mendengar ada semboyan yang bunyinya Ora et  Labora yaitu "berdoa dan bekerja". Bayangkan jika kita hanya berdoa saja tanpa melakukan apa-apa. 


Ada banyak orang yang menerjemahkan berkat-berkat yang turun dari Tuhan itu secara sepihak. Hanya meminta tapi tidak melakukan suatu usahapun. Atau sebaliknya hanya bekerja terus dari pagi sampai larut malam tanpa memperhatikan keadaan rohani. Itu tentu tidak baik. Sebuah keseimbangan antara bekerja dan berdoa jelas merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 


Kehidupan dengan penuh aktifitas tentu suatu hal yang menyenangkan dan positif. Namun terkadang itu sangat menguras energi dan pikiran kita dan adakalanya kita merasakan suatu kejenuhan, bosan, lelah. 


Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga keseimbangan hidup kita. Bisakah kita mengendarai sepeda atau sepeda motor sebelum melatih keseimbangan? Bisa dijamin kita akan terjatuh jika tidak tahu bagaimana agar bisa berada seimbang diatasnya. Nah gambaran ini bisa dikatakan serupa dengan kita saat menjalani hidup kita. Memerlukan keseimbangan.


Hidup merupakan pilihan, anda bisa memilih untuk produktif  atau tidak produktif. Masing-masing pilihan memiliki konsekuensi dan pencapaian tersendiri. Keseimbangan hidup akan memudahkan kita untuk merasa bahagia dan mengeluarkan potensi diri agar lebih baik lagi. Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa ada tujuh area keseimbangan kehidupan manusia yang perlu kita perhatikan, yaitu: tubuh fisik, perasaan hati, hubungan, waktu, pekerjaan atau karier, keuangan, dan kerohanian. 


Tapi dalam kenyataan sering kita dapati bahwa kehidupan ini kita jalani dengan melupakan keseimbangan di ketujuh area tersebut. Biasanya hal ini terjadi saat kita terjebak dan terfokus pada satu dua hal area saja, yaitu saat kita mengalami kesibukan dan rutinitas tugas sehari-hari, sehingga kita mengutamakan area yang satu dan melupakan area-area lainnya. Padahal kita pun tahu risiko dan akibat jika hidup ini hanya mengutamakan satu area dan melupakan lainnya. Kita bisa mengalami kelelahan ataupun terbawa kemarahan sesaat tanpa sebab. Wah bahaya juga. Apalagi jika sampai rumah tangga yang terbengkalai.


Aktivitas, pekerjaan, dan sejumlah kegiatan rutinitas lainnya memang penting, namun tanpa menjaga keseimbangan hidup kita, kita tak akan meraih kebahagiaan sejati. Ada beberapa pernyataan yang bisa menjadikan gambaran bagi kita tentang pentingnya keseimbangan dalam hidup.

  1.  Tanpa agama yang selalu dapat menuntun moral anda, maka anda akan dengan mudahnya melenceng
  2. Tanpa keluarga yang harmonis apa gunanya hasil kerja keras kita? Kita tidak mungkin kan hanya menikmatinya sendiri. Keluarga disini bukan berarti selalu pasangan hidup dan anak. Tetapi bagi mereka yang belum berkeluarga, kita masih memiliki orang tua, kakek nenek, paman bibi, saudara sepupu dimana kita masih bisa menikmati kebersamaan dengan mereka.
  3. Tanpa kesehatan percayalah pekerjaan apapun yang sedang kita lakukan, itu tak akan berlangsung lama.
Salah satu hal yang juga sangat penting dalam hidup adalah sosialisasi, teman mungkin tidak jauh berbeda dengan keluarga. Mereka ada untuk menemani dan menyertai kita dalam perjalanan hidup

Menyeimbangkan hidup merupakan cara ampuh agar kita tetap beraktifitas tanpa mengurangi kualitas hidup, berikut ini beberapa cara agar untuk melatih keseimbangan dalam hidup

  1. Melatih sikap sabar
  2. Menjaga Kesehatan
  3. Menggunakan waktu luang untuk hal-hal yang kita senangi seperti melakukan hobi
  4. Memiliki waktu tidur yang cukup
  5. Mengembangkan pikiran

Kita tidak bisa melakukan satu hal saja dan melupakan yang lain. Kita butuh waktu untuk menjalani hidup ini secara normal bersama orang-orang yang kita cintai. Kita ingin mengungkapkan kasih kita kepada sesama melalui kehadiran kita di dalam keluarga kita. Kita tidak hidup hanya untuk bekerja atau mengejar kesuksesan dalam karier. 

Tetapi kita hidup untuk membahagiakan diri kita dan orang-orang yang kita cintai. Karena itu, kita butuh keseimbangan dalam hidup ini. Kita butuh keseimbangan dalam membangun relasi dengan sesama. Kita butuh keseimbangan dalam kehidupan rohani kita. Kita butuh keseimbangan untuk membangun relasi pribadi dengan Tuhan. 

Ketika keseimbangan itu terjadi dalam hidup ini, kita akan mengalami suasana yang membahagiakan. Kita akan mengalami betapa hidup ini memiliki makna yang begitu dalam bagi kita. Kita akan mengalami bahwa Tuhan pun menjadi dekat dengan kita. Tuhan peduli terhadap hidup kita. Karena itu, mari kita berserah diri kepada Kristus. Dengan cara ini, kita dapat tetap setia kepada Tuhan dan sesama. Kita dapat membangun keseimbangan itu bersama Tuhan. 

Demikianlah hendaknya kita memperlakukan hidup. Menjalani hidup itu butuh keseimbangan. Istirahat, ibadah, bermain, dan bekerja adalah keseimbangan dan irama hidup kita. Bukankah jika hendak jujur, kita terlalu sering mengubah dan membalikkan hal-hal ini, dan akhirnya hanya kerja, kerja, kerja, tanpa istirahat? Ya, hidup perlu diseimbangkan agar dapat mengalun dengan indah.

0 comments