Kreatif dan Inovatif Melahirkan Keberhasilan


Kreatif dan inovatif menjadi modal dalam mencapai keberhasilan. Di bidang apapun kreatif dan enovatif akan menjauhkan kegagalan.

Salah satu ciri dari orang yang kreatif adalah bahwa ia mampu memunculkan beragam alternatif dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya ataupun membantu orang lain untuk menyelesaikan permasalahannya.

Kreatifitas adalah faktor pendukung kesuksesan yang tidak ternilai harganya. Sebetulnya setiap manusia memiliki kemampuan kreatifitas. Dan dengan kreatifitasnya, manusia sangat bisa untuk menjadi berguna dan bermanfaat untuk orang lain. Dengan demikian tidak ada alasan ya kita mengatakan “Saya bukan orang yang kreatif”, yang ada hanyalah belum mengasah potensi kreatifitas yang dimilikinya. 

Bagaimana agar kita bisa kreatif dan menjadi bermanfaat dan berguna bagi orang lain? Berikut ini bisa menjadi indikasi bagaimana membentuk orang berani mengeluarkan daya kreatifinya untuk dipergunakan bagi kehidupannya dan kehidupan orang lain. Indikasinya bisa:

  • Berkomunikasi dengan banyak orang, dengan komunikasi seringkali memunculkan ide-ide yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya
  • Menambah pengetahuan, salah satunya dengan lebih banyak membaca
  • Lebih berani dan memiliki motivasi diri
  • Berpikiran positif 

Manusia adalah makhluk sosial, yang selalu berusaha untuk berinteraksi dengan orang lain. Di rumah, di sekolah, pasar, kantor, dan diberbagai tempat lainnya. Kebutuhan untuk berinteraksi sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya. Karena itu manusia tidak bisa hidup normal tanpa orang lain, mereka akan saling membutuhkan, memberi dan diberi, menghargai dan dihargai, serta sederet aktivitas sosial yang lain. Semuanya itu untuk memenuhi kebutuhan sosial, dan aktivitas sosial yang kita lakukan seharusnya memberikan manfaat kepada orang lain. 

Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain adalah impian setiap orang, termasuk saya. Karena kita hidup didunia sosial, kebermanfaatan kita bagi orang lain adalah sebuah prestasi yang gemilang. Besarnya manfaat kita kepada orang lain akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik, lebih berkembang dan lebih kuat. 

Banyak cara bisa kita lakukan untuk saling memberi manfaat kepada orang lain. Yang paling mendasar adalah melakukan setiap kewajiban kita sendiri dengan baik, dengan benar, sehingga tidak merepotkan orang lain. Apapun kewajiban kita sekarang, silahkan lakukan dengan baik dan benar. Memang tidak secara langsung memberi manfaat kepada orang lain, tapi cukuplah menjadi dasar kita berinteraksi dengan orang lain.

Kreatifitas pada dasarnya meliputi 3 hal yaitu: 

  1. Kreatifitas merupakan Kemampuan yaitu suatu kemampuan untuk membayangkan atau menemukan suatu hal terutama hal yang baru, termasuk untuk menyelesaikan suatu masalah
  2. Kreatifitas merupakan sikap dan kemampuan untuk menerima perubahan dan sesuatu yang baru
  3. Kreatifitas merupakan sebuah Proses, di mana orang yang kreatif merupakan orang yang terus-menerus membuat perubahan dan perbaikan secara bertahap pada suatu aktivitas
Menjadi berguna dalam hidup ini adalah cita-cita dari hakikat manusia sejak awal.  Dan sekarang pertanyaannya adalah “Sudahkah kita menjadi berguna bagi orang lain?” Berulangkali firman Tuhan menegaskan bahwa panggilan hidup orang percaya adalah menjadi terang dunia, garam dunia, memberi buah dan teladan yang baik bagi semua orang. Dengan kata lain kita harus hidup untuk menjadi berkat dan menjadi berguna untuk orang lain. 

Bagaimana hidup kita bisa menjadi berguna? Kita menjadi berguna ketika orang-orang di sekitar kita menerima hal-hal yang baik yang terpancar melalui hidup kita. Melalui setiap pribadi kita, Tuhan dapat memakai hidup kita untuk menjadi saksi Kristus. Orang-orang di sekitar kita akan melihat kehidupan yang kita jalani sehingga mereka akan mendapat berkat melalui kehidupan kita.

Bagi kita yang terus berusaha meningkatkan kreatifitas kita untuk bisa lebih bermanfaat bagi Tuhan dan sesame, Tuhan akan terus menambahkan talenta bagi setiap pribadi yang tekun dan setia menjalani pekerjaannya dan melakukan perintahNya. Dia akan terus mengangkat hidup kita dan Dia akan senantiasa memberikan kekuatan bagi hidup kita. 

Ada saatnya kita merasa lelah, tetapi jika kita mengalami kelelahan tersebut, biarlah kita datang kepada Tuhan. Dia akan memberikan kekuatan baru bagi hidup kita. Dan kita tidak akan pernah berhenti bekerja untuk memberi buah.

Jadi, mari kita terus bekerja untuk memberi buah bagi Kristus. Tidak ada kata selesai selama kita masih hidup di dunia ini. Kalaupun saat ini kita masih belum tahu apa yang harus kita lakukan, lakukan saja kebaikan dan perintah-perintah yang Tuhan Firmankan. 

Dengan menjalani hidup sesuai dengan Firman Tuhan, tidak menyimpang ke kiri dan ke kanan, kita telah ikut ambil bagian untuk memberi buah bagi Kristus. Tidak hanya itu saja, bagi kita yang bekerja, biarlah kita bekerja dengan sungguh-sungguh. Bagi yang berwirausaha, biarlah melakukan usahanya sesuai dengan nilai kebenaran. 

Bagi yang sedang studi, biarlah belajar dengan rajin. Bagi yang ada dalam pelayanan pekerjaan Tuhan, biarlah tetap melayani dengan hati yang murni. Apapun yang kita kerjakan, biarlah itu kita lakukan dengan sungguh-sungguh seperti kita melakukannya untuk Tuhan. Biarlah hidup kita ini selalu bisa menjadi berkat dan berguna untuk sesama kita.


Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments