Hilangkan Keraguan dan Tatap Masa Depan


Ragu atau bimbang artinya tidak yakin. Tidak yakin menang, tidak yakin kalah. Tidak yakin sukses, tidak yakin gagal. Tidak yakin antara mau atau tidak. 

Keraguan atau kebimbangan seringkali menngganggu dalam saat-saat penting di kehidupan kita. Jika tidak waspada, hati kita bisa dengan mudah dipenuhi oleh berbagai keraguan yang akan membuat produktivitas kita menurun atau malah gagal.

Terkadang kita memang mengalami keraguan ya juga dalam mengambil keputusan. Saya juga cukup sering mengalaminya. Misalnya jika anak sedang sakit. Mau memberi obat, ragu-ragu. Wah dikasih obat apa ya? Nanti ada efek sampingnya atau tidak ya? Bisa cepat sembuh atau tidak ya? Mau dibawa ke dokter, kok sedikit-sedikit ke dokter, seperti tidak bisa merawat anak saja kesannya. 

Deretan daftar itu masih salah beberapa contoh saja dari rasa ragu yang pernah kita alami. Belum dalam hal lain, seperti mau memulai usaha tapi ragu-ragu, takut mengalami kegagalan. Atau mungkin bagi anda yang belum menikah, mungkin masih ada keraguan dalam menentukan pasangan hidup. Sahabat wanita, keraguan memang bisa datang kapan saja. Manusiawi ya memang. Semua pasti pernah mengalaminya, anak-anak, remaja, dewasa bahkan yang sudah berusia lanjut.

Tapi juga kita mungkin pernah ragu dalam hal satu ini yaitu iman. Iman yang dijalankan dengan ragu-ragu, antara percaya dan tidak seringkali merupakan penghambat utama dari keberhasilan kita menerima berkat atau mukjizat Tuhan. Jadi bukan hanya tidak percaya yang bisa merugikan, sekedar bimbang pun ternyata sanggup untuk menggagalkan kita untuk menerima sesuatu dari Tuhan. 

Kita harus ingat bahwa hidup yang terbaik bukanlah tergantung pada pendapat kita atau Iblis yang dengan tipu muslihatnya sangat suka memanfaatkan kebimbangan manusia untuk masuk dan menghancurkan diri kita dari dalam. Iblis akan selalu berusaha menghabisi iman kita dengan cara menyerang kita lewat kebimbangan demi kebimbangan. 

Kebimbangan akan membuat kita ragu-ragu dalam melangkah, dan bisa menimbulkan ketidakpercayaan. Ketidakpercayaan ini akan mengarah pada ketidaktaatan, dan akhirnya kita pun akan tenggelam sia-sia. Kita sering terlalu cepat merasa takut terhadap sesuatu yang belum terjadi. Kita sering terlalu mudah diliputi keraguan akan sesuatu. Dibalik kebimbangan tersembunyi kegagalan, dan kita seringkali lupa akan hal itu.

Kita bisa mengatasi setiap keraguan dengan iman yang teguh sebab dikatakan bahwa orang percaya hidup dengan iman dan bukan karena melihat. Jadi sekalipun kita belum melihat pertolongan Tuhan, kita harus beriman bahwa pertolongan Tuhan pasti nyata. Dalam kondisi apapun yang kita alami, milikilah iman bahwa pada akhirnya segalanya akan menjadi baik. Hanya pada saat kita memiliki iman yang teguh kepada Tuhan, kita dapat mengusir setiap kebimbangan. 

Selain itu kita dapat mengatasi keraguan dengan doa, ketika kita mulai takut dan bimbang, berserulah kepada Tuhan lewat doa agar Ia kembali menguatkan iman kita sehingga kita boleh tetap percaya. Naikkanlah juga pujian dan penyembahan kepada Tuhan sebab hal itu dapat menguatkan iman kita. Dan hal terpenting untuk mengatasi keraguan adalah kedekatan kita dengan Tuhan. 

Orang yang dekat dengan Tuhan akan selalu mendapat ketenangan. Sehingga sekalipun mendengar berita yang buruk, ataupun sedang dilanda banyak masalah, hal itu tidak akan membuat kita menjadi ragu sebab ada Tuhan yang senantiasa menyertai kita.

Sahabat wanita, salah satu kunci hidup berkemenangan adalah percaya dan tidak dipenuhi oleh keraguan, sebab kebimbangan membuat kita tidak mendapatkan apapun. Jadi kita harus memiliki rasa optimis, tetapi seringkali masalah, tantangan bahkan segala hal yang tidak pasti dapat membuat kita menjadi ragu dan bimbang. 

Oleh sebab itu kita harus tetap berusaha untuk semangat dan juga menjalani hidup ini bersama Tuhan sebab Dia adalah jaminan kehidupan kita, bahkan yang dapat memberikan kepastian atas segalanya. Janji Tuhan adalah jaminan bagi kita, sebab setiap janji Tuhan itu selalu digenapi, tidak satupun janji Tuhan yang gagal sehingga selalu memberikan pengharapan yang pasti bagi kita. 

Dalam Firman Tuhan kita mendapatkan banyak janji Tuhan yang dapat menguatkan diri. Sekalipun saat ini kita belum menerima penggenapan janjiNya namun Tuhan tidak dapat berdusta dengan janjiNya, pada waktuNya Tuhan pasti menggenapi janjiNya. Walaupun situasi di sekitar kita tidak menentu, jangan pernah meragukan janji Tuhan. Janji Tuhan memberikan jaminan, dengan Tuhan kita akan mendapatkan kemenangan. 

Berjalan bersama Kristus berarti hidup bersama kasih, dan dalam kasih itu tidak ada ketakutan. Seperti yang tertulis di dalam 1 Yohanes 4:18 “Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.”  Artinya, tidak boleh ada kebimbangan dan keraguan jika kita sempurna di dalam kasih Kristus. 

Jangan berikan tempat bagi kebimbangan yang bisa membuat kita kehilangan janji-janji Tuhan. Kita bisa terus mengalami perkara-perkara besar dalam hidup kita, selalu hidup dalam kepercayaan dan ketaatan penuh dalam iman yang teguh akan Kristus. Kebimbangan akan merusak diri kita dan menghalangi kita untuk mengalami perkara-perkara besar

Jadi sahabat wanita, mari kita jalani hidup ini dengan kepastian dan jangan dalam keraguan. Kita harus ingat bahwa keraguan akan menjauhkan kita dari penggenapan janji Tuhan. Sebaliknya iman yang teguh akan membuat kita dapat melihat janji-janji Tuhan dan hidup kita akan berkemenangan.

Kebimbangan akan membuat kita ragu-ragu dalam melangkah. Itu seperti membangun ketidakpercayaan diri dan kepercayaan terhadap Tuhan. Ketidakpercayaan ini akan mengarah pada ketidaktaatan, dan akhirnya kita pun akan tenggelam dan binasa.

Artikel ditulis oleh Monika Oedjoe untuk program Radio Wanita untuk Wanita

0 comments