Segera Ambil Kesempatan!

Kesempatan datangnya hanya satu kali, kalaupun ada waktu yang mirip dengan kesempatan yang kita miliki, itu adalah kesempatanyang lain yang situasi dan kondisinya sudah berbeda. Karena itu jangan pernah melewatkan kesempatan yang ada, karena kesempatan itu tidak akan datang kedua kalinya. 

Kesempatan adalah peluang yang dapat merubah hidup seseorang. Kesempatan juga adalah waktu karena ia tidak datang kali berikutnya. Jika suatu kesempatan diabaikan maka biasanya yang ada hanya menyesal kemudian. Kesempatan juga membutuhkan keputusan karena keputusan mementukan masa depan seseorang. Sahabat wanita, dari sebuah artikel yang saya baca dikatakan “Hidup ini keras, untuk meraih kesuksekan, untuk mendapat apa yang kau inginkan dan cita-citakan, butuh perjuangan. Karena itu, jangan lewatkan kesempatan yang ada, karena kesempatan tidak datang dua kali.”

Ada beberapa tipe kita sebagai manusia dalam melihat datangnya sebuah kesemapatan :

1. Orang yang lemah, menunggu kesempatan. Apabila sekian lama ditunggu kesempatan itu belum juga datang, maka dia akan mengambil keputusan, yah ini memang sudah nasibku (putus asa). 

2. Orang yang kuat, menciptakan kesempatan dengan menggunakan berbagai macam cara dan daya untuk menciptakan kesempatan itu datang padanya.

3. Orang yang bijak, memanfaatkan kesempatan karena kesempatan adalah karunia yang berharga dan belum tentu itu datang untuk dua kali.

Seringkali dalam hidup ini kita melewatkan banyak kesempatan. Kalau Tuhan selalu membuka kesempatan demi kesempatan, tapi seberapa banyak kita menggunakannya? Masalahnya adalah, apakah kita melihat kesempatan itu dan menggunakannya atau tidak? Jika kita melihat kesempatan itu, apakah kita sudah memberi respon positif atau malah menunda? Sebagai manusia terkadang kita seringkali berpikir terlalu jauh, menyangka bahwa mukjizat dari Tuhan hanyalah sesuatu yang ajaib, supranatural, padahal hal-hal kecil di dalam hidup ini pun bisa merupakan kesempatan yang diberikanNya bagi kita. Hal-hal kecil pun bisa merupakan mukjizat. 

Dalam setiap peristiwa selalu ada kesempatan untuk belajar sesuatu. Jika kita inginkan satu kemenangan pasti kita akan melewati setiap proses dan tantangan, tetapi itu tergantung dari cara kita memandang setiap tantangan dan masalah yang ada. Apakah kita memandang masalah hanya sebagai masalah ataukah kita memandang masalah dan tantangan sebagai kesempatan bagi kita untuk menjadi lebih baik lagi, kesempatan untuk bertumbuh, berakar dan menghasilkan buah. Masa depan tergantung pada apa yang kita perbuat pada masa kini. Kita tidak dapat memperoleh hidup kekal bersama Allah kalau kita menolak Dia sementara kita masih hidup didunia ini. 

Hidup ini adalah sebuah kesempatan. Apabila kematian menjemput, maka cerita tentang hidup kita sudah pasti berakhir. Dalam hidup ini kesempatan emas biasanya tidak muncul sering-sering, atau malah bisa dikatakan sangat jarang. Jika kita tidak mengambilnya, tidak memanfaatkan atau menyia-nyiakannya, maka biasanya selalu berakhir dengan penyesalan. Oleh karena itu, jangan sampai kesempatan yang ada itu kita lewatkan sia-sia, dibiarkan berlalu di depan mata, karena kesempatan itu mungkin tidak akan pernah terulang lagi.  

Jadi, ketika kesempatan ada, mari lakukan sebaik-baiknya dan jangan buang waktu. Demikian pula saat kita ingin meraih hidup yang berkemenangan, kita harus dapat menggunakan kesempatan dengan baik. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan, oleh karena itu jangan sampai kita kehilangan kesempatan. Bahkan sebuah kesempatan tidak akan datang untuk ke dua kalinya. Kesempatan itu hanya datang sekali saja, sehingga kita tidak boleh ceroboh dalam menggunakan kesempatan yang ada. 

Tuhan memberikan setiap kesempatan supaya kita dapat meraih yang terbaik. Kita harus ingat selalu bahwa kesempatan dan waktu tidak akan dapat kembali, oleh sebab itu raihlah setiap kesempatan dalam hidup ini dan pergunakanlah dengan baik, supaya kehidupan kita dapat mencapai kemenangan dan berfungsi secara maksimal. Sekalipun di lain waktu, mungkin kita mendapat kesempatan lagi, kita tidak akan menemukan hal yang sama persis, sebab kesempatan yang lalu tidak dapat diulang

Berikut beberapa cara menggunakan kesempatan dengan baik :

1. Menentukan prioritas. Ini adalah salah satu syarat keberhasilan. Hidup manusia dihadapkan dengan banyak hal. Kita harus tahu mana yang harus dikerjakan lebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan kemudian. Prioritas tiap-tiap orang tidak sama namun dalam semuanya itu, ada prioritas yang paling tinggi, yang tidak bisa diubah yaitu utamakan dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya maka semuanya akan ditambahkan kepada saudara (Mat. 6:33) dan jangan lupa berbuat baik kepada saudara seiman selagi masih ada kesempatan (Gal. 6:10). 

2. Jangan membuang waktu
Salah satu kesalahan yang sering kita perbuat ialah membuang waktu. Kita sering merasa kekurangan waktu, sebenarnya bukan kita tidak punya waktu tetapi karena kita tidak memakai waktu dengan baik.

3. Jangan menunda
Kunci kegagalan adalah suka menunda-nunda. Menunda juga salah satu cara iblis menghalangi berkat-berkat kita. Sebab itu apa yang harus kita lakukan dan dapat kita lakukan, lakukan sekarang, jangan menunda.

Kehidupan yang kita jalani sampai sekarang ini adalah kesempatan yang Tuhan masih berikan bagi setiap kita. Tiap hari Tuhan beri kita kesempatan. Karena itu, mari kita memanfaatkan setiap kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk melakukan hal-hal yang berkenan dihadapan Tuhan bukan malah sebaliknya hidup yang ada digunakan untuk keinginan dunia.  

Tiap detik, tiap menit, Tuhan selalu memberikan kesempatan untuk kita. Pilihan ada di tangan kita, apakah kita mau melakukan hal-hal yang baik dan itu membawa kita kepada sesuatu yang lebih baik atau kita melakukan hal-hal yang buruk dan itu membawa kita semakin jauh dari Tuhan.

0 comments